logo


Ma'ruf Amin Imbau Penyedia Hewan Kurban Siapkan Hewan Bebas PMK

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bicara soal umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban

9 Juli 2022 15:29 WIB

KH Ma\'ruf Amin
KH Ma'ruf Amin Instagram @kkyai_marufamin

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bicara soal umat Islam dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban. Ma'ruf mengimbau hewan kurban yang disiapkan dipastikan terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunah muakadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," kata Ma'aruf dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/7).

Ma'ruf mengatakan bahwa kurban bisa menjadi bukti kepekaan sosial untuk berbagi.


Tingkat Kepuasan Publik Terhadap Jokowi-Ma'ruf Naik Per Juli 2022, SPIN Beberkan Penyebabnya

"Selain itu, kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama, apalagi pascapandemi seperti sekarang ini," ujarnya.

Ma'ruf minta penyedia hewan kurban untuk menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK. Ma'ruf mengatakan bahwa berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah.

"Di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan-hewan ternak kita, saya mengimbau kepada para penyedia hewan kurban agar menyiapkan hewan yang terbebas dari PMK sebagai hewan kurban," jelas Ma'aruf.

"Sebab berkurban dengan hewan yang terkena PMK hukumnya tidak sah. Di samping itu, daging dari hewan kurban tersebut nantinya akan didistribusikan dan dinikmati oleh masyarakat luas," sambungnya.

Soal Perbedaan Tanggal Iduladha, Muhammadiyah Jabar: Ini Hikmah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata