logo


Ingatkan Warga Hati-hati Beli Hewan Kurban, Puan: Belilah di Tempat yang Memiliki Sertifikasi

Puan meminta pembeli memastikan kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan kurban

9 Juli 2022 07:30 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah melakukan pengawasan terhadap penyediaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Hal itu, ia sampaikan menanggapi munculnya penyakit kuku dan mulut (PMK) pada sejumlah hewan ternak.

"Pengawasan harus terus dilakukan hingga saat-saat terakhir jelang Iduladha agar hewan yang dijadikan kurban benar-benar layak dan sehat," kata Puan kepada wartawan, Jumat (8/7/2022).


Diperintahkan untuk Jajaki Parpol, Puan Maharani: Semuanya Akan Gembira untuk Bersilaturahmi

Puan meningangatkan agar warga yang hendak berkurban membeli hewan di penjual yang memiliki sertifikasi. Ia meminta pembeli memastikan kesehatan hewan ternak yang akan dijadikan kurban.

"Kalau bisa, beli hewan kurban di tempat atau penjual yang memiliki sertifikasi. Dan pastikan hewan yang dibeli memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) agar daging hewan kurban aman untuk dikonsumsi," ujarnya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam mengkonsumsi hewan kurban. Ia meminta panitia kurban mengawasi proses penyembelihan dengan seksama.

"Meskipun hewan yang terkena PMK aman untuk dikonsumsi setelah direbus minimal 30 menit, warga tetap harus waspada," pungkasnya.

Perpanjangan KK Jadi IUPK PT Vale Indonesia Akan Dibawa Ke Panja DPR

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati