logo


Harga Produk Pangan di Jepang Kian Melambung

Surat kabar Nikkei melaporkan bahwa harga 60 persen produk makanan di Jepang mengalami peningkatan karena harga bahan baku yang kian meningkat

6 Juli 2022 20:00 WIB

Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang
Salah satu sudut kota Tokyo, Jepang Live Japan

TOKYO, JITUNEWS.COM - Surat kabar Jepang, Nikkei, pada Rabu (6/7) melaporkan bahwa kenaikan harga di Jepang telah mempengaruhi sekitar 60% dari produk makanan.

Menurut perhitungan berdasarkan indeks Nikkei sendiri, harga untuk 60 produk makanan di 470 supermarket di seluruh wilayah Jepang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Pada Mei 2021, pertumbuhan harga untuk 21 jenis komoditas tercatat mengalami kenaikan 35% dari tahun sebelumnya, dan pada Mei 2022, kenaikan harga untuk 37 produk makanan terhitung mencapai 60%.

Produk-produk makanan yang mengalami kenaikan paling signifikan menurut Nikkei diantaranya minyak nabati (12%), mayones (15%), dengan 12 kategori lainnya naik 5%.


NATO Bakal Bangun Pangkalan Militer di Finlandia, Begini Reaksi Kremlin

"Sebanyak 102 produsen makanan Jepang berniat menaikkan harga atau sudah melakukannya untuk 15.000 jenis produk," tambah media tersebut, mengutip data dari pusat penelitian ilmiah Teikoku Databank.

Sementara itu, menurut sebuah survey yang diterbitkan oleh Nikkei pada Mei kemarin, beberapa perusahaan Jepang telah mengurangi ukuran produk mereka untuk menjaga harga yang sama. Tetapi, jika biaya bahan baku terus meningkat, maka kenaikan harga tidak akan bisa dihindari dalam beberapa bulan mendatang.

Tingkatkan Kerjasama dengan Rusia, Vietnam: Prioritas Utama dalam Kebijakan Negara Kami

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia