logo


PM Polandia Sebut Ekonomi Rusia Tak Terpengaruh dengan Sanksi Negara Barat

PM Polandia memperingatkan bahwa perang yang terjadi di Ukraina sangat berkaitan dengan keamanan Eropa

5 Juli 2022 17:30 WIB

Gedung Kremlin di Moskow, Rusia
Gedung Kremlin di Moskow, Rusia istimewa

WARSAWA, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki memperingatkan bahwa meningkatnya kelelahan dengan krisis Ukraina di antara negara-negara Barat mungkin adalah sesuatu yang ditunggu oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Berbicara kepada Polska Times, perdana menteri mengatakan bahwa sementara penduduk Polandia mengikuti perkembangan di Ukraina, namun hal yang sama tidak berlaku untuk penduduk di negara-negara Barat pada umumnya. Untuk alasan itu, kepemimpinan Barat melakukan yang terbaik untuk menghidupkan kembali minat publik dalam masalah ini, tambahnya.

“Ini sangat penting, karena masyarakat Barat harus memahami bahwa perang ini juga tentang keamanan mereka. Saya khawatir bulan-bulan mendatang akan membawa lebih banyak ketidakpedulian… Dan ini sangat berbahaya; sayangnya, Putin juga mengandalkannya,” jelas Morawiecki pada Senin (4/7), dikutip RT.com.


Terjerat Kasus Narkoba di Rusia, Pebasket Wanita AS Minta Presiden Joe Biden Bebaskan Dirinya

PM Polandia juga mengakui bahwa Rusia telah mampu mengatasi sanksi ekonomi Barat, mengingat Moskow berada dalam posisi yang baik untuk melanjutkan perdagangan minyak dan gas alam.

“Masalah terbesar dengan sanksi adalah mereka menggigit keras, tetapi dalam jangka menengah dan panjang. Mereka secara signifikan mengikis potensi ekonomi Rusia dan harus mengarah pada isolasi … Sayangnya, konsekuensinya akan menumpuk dalam jangka menengah, dalam satu, dua atau lima tahun, ”katanya.

Morawiecki juga mencatat bahwa, karena melonjaknya harga bahan bakar fosil, Rusia tetap tidak terpengaruh oleh sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh negara Barat dalam jangka pendek, menambahkan bahwa mereka telah mampu menjual barang-barangnya di pasar lain.

 

Krisis Energi adalah Harga untuk Akhiri Pengaruh Rusia di Uni Eropa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia