logo


Curiga Bawa Gandum Curian, Ukraina Minta Turki Tahan Kapal Kargo Rusia

Pemerintah Ukraina kembali menuduh kapal kargo Rusia membawa gandum yang diambil dari pelabuhan Berdyansk

5 Juli 2022 15:45 WIB

Kapal Kargo
Kapal Kargo istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Pemerintah Ukraina telah meminta Turki untuk menahan kapal kargo berbendera Rusia, Zhibek Zholy, yang membawa gandum yang diambil dari pelabuhan Berdyansk yang diduduki Rusia. Hal itu disampaikan oleh seorang pejabat Ukraina dan sebuah dokumen yang dilihat oleh kantor berita Reuters.

Pejabat kementerian luar negeri Ukraina yang tidak disebut namanya, mengutip informasi yang diterima dari administrasi maritim negara itu, mengatakan Zhibek Zholy telah memuat kargo pertama yang berisi sekitar 4.500 ton biji-bijian dari Berdyansk. Pejabat itu meyakini jika gandum yang dibawa oleh kapal tersebut adalah milik Ukraina.

Dalam sebuah surat tertanggal 30 Juni kepada kementerian kehakiman Turki, kantor kejaksaan Ukraina mengatakan secara terpisah bahwa Zhibek Zholy terlibat dalam “ekspor ilegal gandum Ukraina” dari Berdyansk dan menuju ke Karasu, Turki, dengan membawa 7.000 ton kargo – kargo yang lebih besar daripada yang dikutip oleh pejabat.


Perangi Propaganda dan Berita Hoax Rusia, Inggris Perketat UU Digital

Sayangnya, Kementerian luar negeri Turki sejauh ini belum menanggapi laporan itu.

Sebelumnya, pemerintah Ukraina berulang kali menuduh Rusia telah mencuri gandum dari wilayah yang telah direbut pasukan Rusia sejak invasi dimulai pada akhir Februari, tuduhan yang langsung dibantah oleh pemerintah Rusia.

Putin Tawarkan Bantuan Bangun IKN, Ukraina Minta RI Berhati-hati: Itu Sogokan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia