logo


Kecewa, Jerman Minta Lithuania Cabut Larangan Transit Barang dari Rusia ke Kaliningrad

Surat kabar Jerman melaporkan bahwa pemerintah Jerman kecewa dengan keputusan Lithuania memblokir jalur transit darat dari Rusia ke Kaliningrad, atau sebaliknya

3 Juli 2022 14:30 WIB

Peta Kaliningrad, Rusia
Peta Kaliningrad, Rusia Encyclopedia Britannica

BERLIN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jerman dikabarkan merasa kecewa dengan keputusan pemerintah Lithuania memblokir transit barang dari daratan Rusia ke Kaliningrad. Media Jerman, Spiegel, mengutip seorang narasumber anonim, pada Jumat (1/7) melaporkan bahwa Berlin juga mendesak Vilnius untuk mencabut larangan tersebut.

Menurut surat kabar itu, pemerintah federal Jerman tidak setuju dengan pemerintah Lituania yang mengatakan bahwa transit barang-barang yang terdampak sanksi anti-Rusia tidak boleh dilakukan melalui wilayah Uni Eropa. Berlin percaya bahwa "transportasi dari wilayah Rusia ke Rusia" harus diizinkan.

Uni Eropa melarang truk yang terdaftar di Rusia pada awal April tetapi membuat pengecualian bagi mereka yang transit ke Kaliningrad, yang terletak di pantai Laut Baltik.


Emas Rusia Bakal Kena Sanksi Uni Eropa

Pembatasan saat ini pada transit barang Rusia, yang diumumkan oleh Lituania, berlaku untuk semua transit barang yang disetujui oleh UE. Kereta Api Lituania memberi tahu kereta api wilayah Kaliningrad untuk menghentikan transit sejumlah barang yang dikenai sanksi UE pada 18 Juni.

Pekan lalu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa Rusia sedang mempertimbangkan berbagai opsi untuk menanggapi langkah "tidak ramah" Lithuania. Gubernur Wilayah Kaliningrad Anton Alikhanov mengatakan bahwa pembatasan tidak akan mempengaruhi transit produk minyak setidaknya sampai 10 Agustus dan bahwa wilayah tersebut akan memobilisasi armada feri untuk melanjutkan pengiriman barang, baik dari dan menuju Rusia.

Jalur Pipa Gas Rusia-Jerman Berhenti Beroperasi 10 Hari

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia