logo


Emas Rusia Bakal Kena Sanksi Uni Eropa

Seorang narasumber Bloomberg menyebut pemerintah Uni Eropa saat ini sedang berusaha memasukkan emas Rusia ke dalam daftar barang yang terdampak kebijakan sanksi

3 Juli 2022 13:30 WIB

Tambang Emas ilustrasi
Tambang Emas ilustrasi Boombastis

BRUSSELS, JITUNEWS.COM - Uni Eropa dikabarkan tengah berusaha memasukkan emas Rusia ke dalam daftar hitam komoditas yang terdampak kebijakan sanksi. Hal itu dilaporkan oleh seorang narasumber anonim kepada Bloomberg pada Jumat (1/7). Menurutnya, langkah itu dilakukan untuk membatasi sumber devisa Rusia.

Menurut seseorang yang tidak disebutkan namanya itu, persiapan untuk paket sanksi baru sedang berlangsung dan beberapa negara akan mendorong untuk menambahkan lebih banyak langkah pada proposal sebelum diajukan ke negara-negara anggota Uni Eropa untuk disetujui.

Laporan itu muncul setelah AS melarang impor emas Rusia pada hari Selasa, dimana langkah itu kemudian juga diambil oleh pemerintah Inggris, Jepang, dan Kanada.


Rusia Diminta Tutup Kantor Kedubesnya di Bulgaria

Analis industri menilai kebijakan sanksi terhadap komoditas emas Rusia hanyalah kebijakan simbolis, mengingat sebagian besar negara-negara barat telah melarang penjualan emas batangan dari Rusia.

Para ahli menambahkan bahwa Rusia masih memiliki opsi untuk menjual logam mulia itu ke wilayah Asia, termasuk ke pasar China, India, dan Timur Tengah.

Menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg, total nilai ekspor emas Rusia diperkirakan mencapai $15 miliar pada tahun 2021.

Dubes Rusia Minta Moskow Tutup Kantor Kedubes di Bulgaria, Begini Reaksi Uni Eropa

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia