logo


CIA Rekrut dan Kirim Anggota Teroris ISIS ke Ukraina untuk Lawan Pasukan Rusia

Badan Intelijen AS CIA dikabarkan secara aktif merekrut anggota kelompok teroris ISIS dan mengirimkannya ke Ukraina untuk bertempur melawan pasukan Rusia

1 Juli 2022 20:15 WIB

Badan Intelijen AS CIA
Badan Intelijen AS CIA istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA, sudah merekrut militan dari kelompok yang berafiliasi dengan teroris ISIS untuk bertempur melawan pasukan Rusia di Ukraina. Mengutip pernyataan dari narasumber anonim, media Rusia, Sputniknews, mengabarkan bahwa para teroris tersebut sebelumnya ditahan di sebuah penjara yang dikuasai oleh kelompok Kurdi di Suriah.

“Menurut informasi yang tersedia, CIA AS secara aktif merekrut militan Daesh (ISIS), yang ditahan di penjara dan kamp yang dikendalikan Kurdi di timur laut Suriah. Amerika memindahkan teroris ke fasilitas mereka dengan dalih melakukan penyelidikan tambahan dengan prospek [militan] transfer ke Eropa," kata sumber itu kepada Sputniknews.

Ia menambahkan bahwa sampai saat ini, kelompok Kurdi telah menyerahkan beberapa pemimpin tinggi Daesh dan sekitar 90 pejuang kepada Amerika Serikat, terutama yang berasal dari negara-negara Uni Eropa, Irak, Republik Chechnya Rusia dan Xinjiang China. Untuk saat ini, AS berencana untuk menempatkan militan di wilayah pangkalan militer At-Tanf yang terletak di Suriah selatan.


Mantan Presiden Rusia Sebut Kebijakan Sanksi anti-Moskow sebagai Agresi Internasional

"Di masa depan, Washington bermaksud mengirim militan ini ke Ukraina sehingga mereka mengambil bagian dalam permusuhan melawan angkatan bersenjata Rusia," imbuhnya.

AS Sebut China Tak Beri Dukungan Material untuk Operasi Militer Rusia ke Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia