logo


Soal Pansus Investasi Telkomsel ke GoTo, Didik Mukrianto: Segera Disahkan di Paripurna DPR

Komisi VI DPR telah membentuk Panitia Kerja (Panja) Investasi BUMN pada Perusahaan Digital

1 Juli 2022 12:57 WIB

Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto.
Anggota Komisi III DPR Didik Mukrianto. dpr.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Komisi III DPR RI dikabarkan sedang menginisiasi pembentukan Panitia Khusus (Pansus) terkait investasi yang diberikan PT Telkom Indonesia, Tbk. (TLKM) kepada PT GoTo Gojek Tokopedia, Tbk. (GOTO).

Diketahui, Komisi VI DPR telah membentuk Panitia Kerja (Panja) Investasi BUMN pada Perusahaan Digital, menelusuri persoalan yang sama.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto membenarkan kabar pembentukan Pansus Goto tersebut.


Jakarta Banjir Terus, DPRD DKI Akhirnya Bikin Pansus

"Pembentukan Pansus GoTo memang sedang berproses di DPR," kata Didik di Jakarta, Jumat (1/7/2022).

Hal ini, lanjut Didik, sesuai dengan perintah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3).

"Sesuai mekanisme yang diatur UU MD3, DPR sudah menginisiasi penggunaan hak angket melalui usulan anggota dan fraksi," kata Didik.

Penggunaan hak angket diatur Pasal 199 UU MD3, ayat 1 berbunyi,"Hak angket sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 ayat (1) huruf b diusulkan oleh paling sedikit 25 (dua puluh lima) orang anggota DPR dan lebih dari 1 (satu) fraksi".

"Hak angket merupakan upaya untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan kebijakan pemerintah yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan," tuturnya.

Dikatakan Didik, tahapan Pansus GoTo yang diinisiasi Komisi III DPR RI ini selanjutnya akan disahkan dalam Rapat Paripurna.

"Dan tahapan selanjutnya akan disahkan melalui Rapat Paripurna," pungkasnya.

Tanggapi Usulan PKS Soal Hak Angket Minyak Goreng, PKB: Belum Diperlukan

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar