logo


Vladimir Putin Ancam Lakukan Hal Ini jika NATO Kerahkan Infrastruktur Militer ke Swedia dan Finlandia

Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia akan merespon dengan cara yang sama jika NATO mengerahkan senjata dan pasukan ke wilayah Swedia dan Finlandia

30 Juni 2022 14:45 WIB

Vladimir Putin
Vladimir Putin istimewa

ASHGABAT, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (29/6) menekankan bahwa hubungan antara Rusia dengan Swedia dan Finlandia sama sekali berbeda dengan Ukraina, sehingga bukan menjadi masalah bagi Moskow jika kedua negara Skandinavia itu bergabung dengan aliansi NATO.

Berbicara pada KTT Kaspia Keenam yang diadakan di Turkmenistan pada pekan ini, Putin menekankan bahwa Kremlin tidak memiliki kekhawatiran soal keamanan nasional Rusia jika Finlandia atau Swedia di NATO.

“Kami tidak memiliki perselisihan teritorial, kami tidak memiliki apa pun yang akan mengkhawatirkan kami sehubungan dengan keanggotaan NATO di Finlandia dan Swedia. Jika mereka mau, biarkan saja,” kata Putin.


NATO Akui Sudah Siap Perang dengan Rusia sejak 2014

Namun, lanjut Putin, jika NATO memutuskan untuk mengerahkan infrastruktur militernya ke Swedia dan Finlandia, Rusia terpaksa menanggapinya dengan cara yag sama, yakni menyiagakan infrastruktur militer di perbatasan.

"Jika peralatan militer atau pasukan (NATO) dikerahkan di sepanjang perbatasan (Swedia dan Finlandia), maka Moskow harus merespon dengan cara yang sama dan menciptakan ancaman yang sama di wilayah dari mana mereka mengancam kita," tegasnya.

Swedia dan Finlandia Gabung NATO, Vladimir Putin: Jika Mereka Mau, Biarkan Saja

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia