logo


Ukraina-Rusia Gelar Pertukaran Tawanan Perang

Dinas intelijen Ukraina mengatakan bahwa proses pertukaran tawanan perang antara Moskow dan Kiev sudah digelar pada Rabu (29/6), dimana kedua negara menyerahkan masing-masing 144 tahanan.

30 Juni 2022 13:15 WIB

Pasukan Rusia
Pasukan Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Pemerintah Rusia dan Ukraina dikabarkan telah mengadakan pertukaran tawanan perang baru pada hari Rabu (29/6). Dinas intelijen Ukraina menyebut pertukaran itu menjadi pertukaran terbesar sejak awal konflik yang hingga kini masih berlangsung, dimana masing-masing pihak menyerahkan 144 tahanan.

"Kelompok itu (tawanan perang yang diserahkan oleh Rusia) termasuk 43 pejuang dengan resimen Azov," kata intelijen militer Ukraina dikutip RT.com.

Ratusan prajurit elit Ukraina tersebut berakhir di tahanan Rusia setelah menyerah usai pabrik baja Azovstal di kota Mariupol dikepung oleh pasukan Rusia selama beberapa hari.


Suriah Akui Kemerdekaan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk

Sementara itu, pemerintah Rusia hingga saat ini masih belum berkomentar tentang pertukaran tawanan perang tersebut.

Pertukaran tawanan perang Ukraina-Rusia juga dikonfirmasi oleh kepala Republik Rakyat Donetsk, Denis Pushilin, dalam sebuah postingan media sosialnya.

“Hari ini, 144 pejuang Republik Rakyat Donetsk dan Federasi Rusia, yang ditangkap oleh musuh kami (Ukraina), akan kembali ke rumah,” tulis Pushilin.

“Kami memberi Kiev jumlah tahanan yang sama dari angkatan bersenjata Ukraina, yang sebagian besar terluka. Beberapa dari mereka adalah prajurit batalyon nasionalis, kondisinya mengenaskan: luka-lukanya parah, dengan amputasi anggota badan dan komplikasi lainnya,” tambahnya.

Presiden Zelensky Desak NATO Kirim Bantuan Keuangan Senilai USD 5 M per Bulan kepada Ukraina

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia