logo


Jokowi ke Ukraina dan Rusia, Anggota DPR Berharap Bisa Mencari Jalan Selain Perang

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menjadi titik awal kedua negara saling menahan diri

30 Juni 2022 09:55 WIB

Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi
Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo mengunjungi Ukraina dan Rusia dalam misi perdamaian. Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizal, mengatakan bahwa kunjungan Jokowi tak hanya memberikan bantuan kemanusiaan.

"Presiden Jokowi selain memberikan bantuan kemanusiaan kepada Ukraina, juga memberikan dukungan agar Ukraina mendukung segala bentuk upaya untuk menghentikan perang dengan jalan damai," kata Bobby kepada wartawan, Rabu (29/6).

Bobby menilai kunjungan Jokowi ke Ukraina berbeda dengan kunjungan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson. Bobby menyebut Boris terkesan memberikan dukungan untuk melanjutkan perang.


Bertemu Zelensky, Jokowi: Saya Menawarkan Diri Membawa Pesan untuk Putin

"Ini yang berbeda dengan Boris, PM Inggris, yang sebaliknya memberikan dukungan macam-macam untuk melanjutkan perang sampai Rusia berhenti," ujarnya.

Bobby menyebut kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia dapat menjadi titik awal kedua negara saling menahan diri dan mencari jalan selain perang.

"Besar kemungkinan, perdamaian antardua negara tersebut belum dapat tercapai, akan tetapi bisa menjadi tahapan awal bagi kedua negara untuk saling menahan diri dan mencari jalan selain perang, bukan provokasi untuk melanjutkan perang. Semoga Bapak Presiden kembali dengan selamat dari sana," imbuhnya.

Jokowi Pemimpin Asia Pertama yang Kunjungi Kyiv Usai Invasi, Zelensky: Kami Sangat Menghargainya

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata