logo


Idul Adha 2022 Beda Tanggal antara Pemerintah dan Muhammadiyah, MUI Ungkap Waktu Puasa Arafah

MUI mengatakan bahwa umat muslim dianjurkan puasa tanggal 1 sampai 9 Zulhijah

30 Juni 2022 07:00 WIB

Sebanyak 155.200 jamaah haji Indonesia mulai dimobilisasi secara bergelombang menuju Arafah mulai pagi tadi menggunakan armada taradudi. Jumlah jamaah yang digerakkan dikurangi sekira 12.925 orang yang memilih melakukan prosesi tarwiyah. Mereka sudah berangkat terlebih dahulu ke Mina sejak semalam.
Sebanyak 155.200 jamaah haji Indonesia mulai dimobilisasi secara bergelombang menuju Arafah mulai pagi tadi menggunakan armada taradudi. Jumlah jamaah yang digerakkan dikurangi sekira 12.925 orang yang memilih melakukan prosesi tarwiyah. Mereka sudah berangkat terlebih dahulu ke Mina sejak semalam. istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Jaidi mengungkapkan waktu puasa Arafah menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah. Hal tersebut lantaran adanya perbedaan tanggal Hari Raya Idul Adha Tahun 2022 antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Jaidi mengatakan bahwa umat muslim dianjurkan puasa tanggal 1 sampai 9 Zulhijah. Puasa itu, kata dia, bisa dilakukan hingga Sabtu, 9 Juli 2022 apabila mengikuti keputusan pemerintah terkait Hari Raya Idul Adha Tahun 2022.

''Kita ini kalau mau Puasa Arafah tanggal berapa? Karena Arafah itu adanya di sana. Kenapa kita bingung. Kita ini dianjurkan puasa dari 1 Zulhijah sampai 9 Zulhijah," kata Jaidi saat konferensi pers usai sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Rabu (29/6/2022).


Tidak Sama dengan Muhammadiyah, Pemerintah Tetapkan Idul Adha 2022 Minggu 10 Juli

"Berarti kita kalau mau puasa pada hari Jumat atau puasa hari Sabtunya masih dibolehkan karena belum ditetapkan sebagai Hari Raya Iduladha," sambungnya.

Meski ada perbedaan tanggal Hari Raya Idul Adha 2022, ia menganjurkan agar masyarakat mengikuti keputusan pemerintah. Hal tersebut, kata dia, berdasarkan fatwa para ulama.

"Maka putusan hakim dalam hal ini Menag yang harus ditaati," ujarnya.

Diketahui, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 berdasarkan rukyatul hilal yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Sementara Muhammadiyah menetapkannya pada tanggal 9 Juli 2022 berdasarkan ilmu perhitungan.

Pemerintah dan Muhammadiyah Beda Soal Idul Adha 2022, MUI: Jangan Sampai Terpecah Belah

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati