logo


Bertemu Zelensky, Jokowi: Saya Menawarkan Diri Membawa Pesan untuk Putin

Jokowi menyebut kunjungnnya itu sebagai bentuk kepedulian Indonesia dengan rakyat Ukraina

30 Juni 2022 04:15 WIB

Jokowi dan Zelensky
Jokowi dan Zelensky Biro Pers Sekretariat Presiden

KYIV, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa kunjungannya ke Ukraina untuk membawa misi perdamaian. Ia juga menyebut kunjungnnya itu sebagai bentuk kepedulian Indonesia dengan rakyat Ukraina.

Hal tersebut, ia sampaikan saat konferensi pers bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022).

"Saya sampaikan ke Presiden Zelensky bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," kata Jokowi seperti dalam keterangan dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.


Jokowi Kunjungi Ukraina dan Rusia, Ma'ruf Amin: Perjalanan Penting dan Bersejarah

Dalam kesempatan itu, Jokowi menawarkan diri untuk membawa pesan Zelenzky kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Ia mengatakan meski sulit, akan tetap berusaha menyampaikan pentingnya penyelesaian damai.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,"  ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa Ukraina sangat penting sebagai rantai pasokan pangan dunia. Oleh karena itu, ia mendukung agar Ukraina bisa kembali melakukan kegiatan ekspor bahan pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," tegasnya.

 

Dampingi Jokowi ke Ukraina, Iriana: Merinding Saya Melihatnya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati