logo


Tidak Sama dengan Muhammadiyah, Pemerintah Tetapkan Idul Adha 2022 Minggu 10 Juli

Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa posisi hilal kurang dari 3 derajat dan elongasinya kurang dari 6,4 derajat

29 Juni 2022 20:10 WIB

istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan Hari Raya Iduladha atau 10 Zulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Minggu (10/7/2022). Keputusan tersebut diambil dari hasil sidang isbat penentuan awal bulan Zulhijah 1443 Hijriah yang digelar Rabu (29/4/2022).

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan bahwa berdasarkan Sidang isbat, hilal belum terpantau di sejumlah wilayah pemantaun. Dengan demikian, tanggal 1 Zulhijah jatuh pada Jumat 1 Juli 2022.

"Secara mufakat, 1 Zulhijah jatuh pada Jumat 1 Juli 2022," ujar Zainut Tauhid membacakan keputusan sidang Isbat di Kementerian Agama.


Mahathir Klaim Singapura-Kepulauan Riau Milik Malaysia, Muhammadiyah: Cukup Pengalaman Masa Lalu

Sebelumnya, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Thomas Djamaluddin menjelaskan bahwa posisi hilal kurang dari 3 derajat dan elongasinya kurang dari 6,4 derajat sehingga belum memenuhi kriteria masuknya bulan Zulhijah.

"Dengan gunakan kriteria MABIMS, wilayah Indonesia dan Asia Tenggara belum memenuhi kriteria. Tinggi bulannya itu masih kurang 3 derajat. Dan dari data elongasi itu pun elongasi ya baru sekitar 5 derajat kurang," ujar Thomas saat seminar posisi hilal.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan tanggal 10 Zulhijah jatuh pada tanggal 9 Juli 2022. Keputusan itu berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal.

 

Berkurban Mudah Tanpa Repot, Beli Hewan Qurban Cukup Online dan Bayar Cashless

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati