logo


Era Industri 4.0, Ini Keunggulan Pakai Absensi Online Berbasis Android dan iOS

Penggunaan absensi online membantu perusahaan dalam hal efisiensi dan efektivitas waktu sehingga produktivitas lebih baik.

29 Juni 2022 19:34 WIB

Absensi Online
Absensi Online Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Absensi online tentu sudah tidak asing lagi bagi para pekerja, apalagi di era industri 4.0. Keberadaan dari aplikasi berbasis Android dan iOS sudah banyak sekali ditemukan.

Ada begitu banyak pengembang yang melakukan pengembangan terhadap aplikasi absensi online dengan keunggulan yang dimiliki oleh masing masing aplikasi.

Untuk saat ini, berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah memang mulai melakukan penerapan penggunaan aplikasi absensi online yang memang dinilai lebih efisien dan efektif penggunaannya dibandingkan dengan metode absensi menggunakan mesin konvensional.


Terus Berdayakan Perempuan, Sederet Perusahaan Ini Berhasil Sabet Penghargaan HerStory WECA 2022

Apalagi bagi perusahaan yang memang memiliki para pekerja yang lebih banyak melakukan pekerjaan mereka di luar perusahaan, tentu adanya aplikasi absensi online ini akan sangat membantu.

Tidak hanya karyawan yang bisa melakukan absensi di mana saja, tetapi sistem aplikasi absensi online ini juga bisa melakukan monitor terhadap para karyawan mereka yang bekerja di luar perusahaan dan perusahaan pun juga bisa melakukan kontrol kepada karyawan mereka.

Maka dari itu, tidak heran rasanya jika saat ini Anda akan sering melihat perusahaan perusahaan di Indonesia yang lebih banyak menggunakan sistem absensi menggunakan aplikasi berbasis android dan iOS. Bahkan, perusahaan perusahaan di luar Indonesia pun sudah tidak menggunakan metode absensi konvensional lagi.

Perkembangan Metode Absensi Karyawan dari Masa ke Masa

Jika dilihat pada dasarnya sistem absensi saat ini sudah sangat berkembang dan perkembangan tersebut memang selaras dengan teknologi yang saat ini sudah begitu maju.

Dulu, metode sistem penggunaan absensi karyawan baik instansi maupun perusahaan masih menggunakan kertas, program komputer, tanda pengenal, sidik jari, scan mata, dan lain sebagainya.

Saat ini, metode sistem absensi karyawan sudah beralih menggunakan sistem absensi online yaitu penggunaan aplikasi absensi online.

Alasan Absensi Penting Digunakan

Bisa dikatakan bahwa metode absensi ini merupakan hal penting yang harus diterapkan dan setiap karyawan baik itu karyawan perusahaan maupun instansi wajib untuk mematuhi dan mengikuti aturan ini yaitu melakukan absensi saat akan masuk kerja dan pada saat jam pulang kantor sesuai dengan jam yang sudah ditentukan oleh pihak perusahaan maupun instansi pemerintah.

Pada dasarnya, absensi ini penting untuk dilakukan karena dengan absensi ini membuat perusahaan bisa mengetahui bagaimana kehadiran dari karyawan mereka.

Selain itu, sistem absensi baik konvensional maupun aplikasi absensi online ini bisa digunakan sebagai salah satu penunjang yang bisa memberikan dukungan atau motivasi kepada setiap karyawan ketika akan menjalankan kegiatan atau pekerjaan yang diberikan kepada mereka.

Secara umum, sistem absensi yang digunakan pada instansi baik pemerintahan maupun swasta melakukan beberapa metode absensi yaitu secara manual, absensi metode konvensional dengan alat seperti mesin fingerprint maupun check lock, dan absensi online.

Akan tetapi, penggunaan dari metode absensi secara manual sudah banyak instansi yang telah meninggalkannya.

Hal ini karena absensi secara manual yaitu menggunakan sistem tulis dan menggunakan paraf sehingga sistem seperti ini dianggap akan membuang banyak waktu dan tidak efisien.

Begitu juga ketika perusahaan menggunakan metode sistem absensi konvensional baik itu sidik jari ataupun check lock, staf HR tetap harus melakukan perhitungan ketika sudah mendekati akhir bulan gajian.

Selain itu, perhitungan daftar absen manual maupun konvensional sangat rawan bagi suatu instansi baik swasta maupun pemerintah karena kedisiplinan yang tidak bisa dikontrol dan bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ketika menggunakan sistem manual begitupun konvensional tidak jarang beberapa oknum bisa melakukan manipulasi data mengenai data daftar kehadiran.

Oleh karena itu, banyak perusahaan dan pemerintah yang memutuskan untuk beralih dengan menggunakan aplikasi absensi online karena aplikasi absensi berbasis online ini dikerjakan oleh sistem dan setiap data akan langsung tersimpan dengan aman di database perusahaan langsung sehingga tidak ada oknum yang bisa melakukan manipulasi data.

Pengaruh Daftar Absensi terhadap Gaji Karyawan

Pada dasarnya daftar hadir karyawan memiliki peranan yang penting terhadap perhitungan gaji bersih nantinya. Oleh karena itu, tidak heran jika ada oknum tidak bertanggung jawab yang sampai berani untuk melakukan manipulasi daftar kehadiran.

Gaji bersih atau take home pay yang akan diterima oleh setiap karyawan pada akhir bulan saat menerima gaji ini salah satunya dinilai dari rekaman jam hadir karyawan tersebut, apakah karyawan pernah bolos atau keluar dari kantor yang tidak pada jam yang sudah menjadi ketentuan kantor.

Walaupun seorang karyawan tidak sengaja lupa dalam hal melakukan absen, hal tersebut tetap akan memberikan pengaruh pada komponen-komponen gaji karyawan khususnya tunjangan yang akan diterima oleh karyawan bersangkutan.

Maka dari itu, aplikasi absensi online ini dinilai sangat membantu dan efisien bagi para karyawan karena dengan aplikasi absensi online ini para karyawan tidak akan lupa lagi untuk melakukan absen karena karyawan bisa langsung menggunakannya pada perangkat seperti ponsel yang memang digunakan sehari hari.

Selain itu, hal yang paling penting adalah data daftar hadir tidak akan mudah dimanipulasi.

Hasil rekaman data yang direkapitulasi oleh sistem absensi online ini akan menghasilkan perhitungan data secara otomatis mengenai jumlah jam hadir karyawan dalam suatu periode serta mengenai tarif gaji untuk berbagai pekerjaan yang sudah dilakukan oleh karyawan tersebut.

Pencatatan dari jam kerja ini sebenarnya dimaksudkan untuk bisa mencatat jam kerja dari karyawan tersebut, berapa sesungguhnya jam yang sudah digunakan oleh karyawan untuk setiap pekerjaan yang sudah dikerjakan.

Lalu, dari catatan rekapitulasi waktu kerja tersebut akan digunakan oleh staf HR perusahaan untuk mengecek catatan waktu kehadiran karyawan serta untuk mendapatkan data produksi yang telah dihasilkan oleh karyawan (jika pekerjaan yang dilakukan adalah jalannya bisnis manufaktur). Dari data produksi tersebut akan digunakan untuk distribusi gaji dan perhitungan yang intensif.

Selain itu, daftar kehadiran absensi karyawan ini memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja personal sekaligus instansi di mana karyawan tersebut bekerja.

Hal ini karena kinerja tersebut bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi instansi terkait terhadap tindakan yang akan dilakukan setelahnya serta pembuatan keputusan bagi kelangsungan perkembangan dari instansi tersebut.

Keunggulan Absensi Online Berbasis Android dan iOS Dibandingkan Absensi Konvensional

Seperti yang Anda ketahui bahwa penggunaan aplikasi absensi online ini merupakan sistem yang bisa digunakan oleh karyawan di mana pun mereka berada, sehingga hal ini akan memudahkan karyawan instansi baik swasta maupun pemerintahan jika dibandingkan dengan metode absensi konvensional.

Lalu, apa sajakah keunggulan dari penggunaan metode absensi secara online jika dibandingkan dengan metode konvensional?

Berikut adalah beberapa keunggulan lain dari penggunaan absensi online jika dibandingkan dengan metode absensi konvensional, antara lain:

1. Sistem Teknologi

Aplikasi absensi online ini merupakan suatu sistem pencatatan atau perhitungan daftar hadir karyawan yang menggunakan sistem cloud di mana sistem ini sendiri sudah terhubung langsung dengan database perusahaan secara real-time.

Selain itu, sistem cloud ini juga membuat proses penyimpanan dari data absensi bisa dilakukan secara otomatis. Tidak hanya bisa disimpan secara otomatis, tetapi sistem ini juga bisa di akses oleh karyawan kapan pun dan di mana pun selama perangkat tersebut telah terhubung dengan koneksi internet yang baik.

Sementara itu, untuk metode absensi dengan sistem konvensional proses pencatatan atau perhitungan daftar hadir ini dilakukan dengan cara yang manual.

Sistem konvensional ini tidak menggunakan teknologi internet, tetapi hanya dengan teknologi yang sederhana saja untuk proses operasinya.

Bisa dikatakan metode sistem konvensional ini menjadi sistem absensi yang sangat tidak efektif dalam proses mencatat kehadiran karyawan karena sistem ini dianggap memiliki cara yang kuno untuk mendapatkan data absensi karyawan perusahaan karena perusahaan membutuhkan satu atau tenaga lebih untuk bisa memasukkan data kehadiran karyawan mereka.

Hal inilah yang membuat pada akhirnya sistem absensi konvensional dianggap tidak efektif untuk diterapkan pada perusahaan.

Ada banyak waktu yang dibutuhkan untuk bisa mendapat serta memasukan daftar kehadiran dari karyawan dengan jumlah yang banyak secara manual.

Tidak hanya itu, sistem absensi konvensional ini juga dianggap lebih mudah memiliki risiko terjadinya human error karena ada begitu banyak data yang harus dihitung sehingga tidak jarang data rekapitulasi daftar hadir karyawan dari metode absensi manual menjadi tidak akurat.

2. Biaya

Tidak hanya sering mengalami human-error ketika menggunakan absensi konvensional, tetapi mesin dari absensi konvensional ini lebih sering mengalami error sehingga perusahaan harus menyiapkan anggaran yang lebih jika mesin tersebut rusak serta dana untuk perawatan mesin tersebut.

Tentunya, dana yang dibutuhkan oleh perusahaan tidak sedikit. Berbeda dengan aplikasi absensi online di mana Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerusakan. Apalagi banyak aplikasi absensi online yang bisa digunakan secara gratis.

Demikianlah penjelasan kami mengenai penggunaan metode absensi online yang saat ini sedang begitu banyak digunakan oleh berbagai instansi baik itu swasta maupun pemerintahan.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa penggunaan absensi online ini dianggap sangat membantu pekerjaan instansi agar waktu yang digunakan bisa lebih efisien dan efektif sehingga memiliki produktivitas yang baik.

Selain itu, absensi online ini dinilai jauh lebih aman karena dikendalikan oleh sistem di mana manipulasi data daftar hadir tidak mungkin dilakukan. Melihat bagaimana perkembangan absensi online saat ini, ada begitu banyak absensi online yang bisa Anda gunakan untuk perusahaan.

Salah satu absensi online yang menjadi banyak rekomendasi orang-orang adalah software dari Talenta. Bisa dikatakan jika aplikasi yang satu ini tidak hanya akan mengatur absensi para karyawan, tetapi Talenta juga akan memberi informasi mengenai berbagai data kepada para karyawan sekaligus HRD perusahaan mulai dari jadwal kerja, shift kerja, gaji, hingga THR, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, aplikasi absensi online ini tidak heran jika banyak direkomendasikan dan menjadi aplikasiterbaik karena berbagai fitur yang tersedia di aplikasi absensi online Talenta ini sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Selain itu, Talenta juga bisa digunakan secara gratis.

Butuh Ponsel Murah? 6 Kelebihan Vivo Y21 Ini Membuatnya Tak Murahan!

Halaman: 
Penulis : Iskandar