logo


Krisis Gas di Jerman Diprediksi Bakal Menyebar ke Seluruh Eropa

Menteri Iklim dan Energi Belanda menilai krisis gas di salah satu negara anggota Uni Eropa akan memiliki efek domino bagi seluruh negara Eropa

28 Juni 2022 19:00 WIB

Ilustrasi api kompor gas
Ilustrasi api kompor gas Reuters

AMSTERDAM, JITUNEWS.COM - Menteri Iklim dan Energi Belanda Rob Jetten mengatakan bahwa krisis gas di salah satu negara Uni Eropa akan memicu efek domino dan dengan cepat menyebar ke seluruh negara di Eropa.

“Ada baiknya jika beberapa negara anggota dapat mengisi penyimpanan gas mereka pada 1 November, tetapi jika negara lain gagal mencapai 80% – terutama negara-negara besar seperti Jerman – maka Anda harus menyadari bahwa ini akan menjadi efek domino bagi seluruh Eropa,” kata Jetten kepada Politico, Selasa (28/6).

Menurutnya, jika terjadi penghentian pasokan gas Rusia, Belanda akan berusaha membantu Jerman dan negara-negara tetangga.


China Bakal Pertahankan Kebijakan "Zero Covid" hingga 5 Tahun ke Depan

“(Kami) akan berdiri dengan negara-negara tetangga,” tambahnya.

Sementara itu, Jetten menekankan bahwa memanfaatkan ladang gas Groningen, yang pernah menjadi salah satu ladang terbesar di Eropa dan sumber utama gas benua itu selama beberapa dekade, akan menjadi pilihan terakhir. Pada tahun 2019, pemerintah Belanda mengumumkan bahwa ladang raksasa di bagian timur laut negara itu akan ditutup pada Oktober 2022 untuk membatasi risiko terjadinya gempa seismik di wilayah tersebut, jika terjadi cuaca ekstrem atau keadaan tak terduga.

Pekan lalu, Belanda mencabut semua pembatasan terhadap pembangkit listrik tenaga batu bara untuk mengurangi konsumsi gas alam, sambil membuat “imbauan mendesak” kepada pelaku bisnis dan sektor industri untuk menghemat energi sebanyak mungkin menjelang musim dingin.

Jetten berencana untuk mempresentasikan rencana pembangunan dua fasilitas pembangkit listrik tenaga nuklir di Belanda pada pekan ini.

Stabilkan Harga Minyak Dunia, Macron Bilang Arab Saudi dan UEA Siap Tingkatkan Kapasitas Produksi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia