logo


Stabilkan Harga Minyak Dunia, Macron Bilang Arab Saudi dan UEA Siap Tingkatkan Kapasitas Produksi

Presiden Perancis mengatakan bahwa ia sudah mendapat informasi dari Presiden Uni Emirat Arab jika dua negara penghasil minyak mentah terbesar di Timur Tengah, UEA dan Arab Saudi, siap meningkatkan kapasitas produksi minyak mentah

28 Juni 2022 18:43 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

PARIS, JITUNEWS.COM - Presiden Perancis Emmanuel Macron pada Senin (27/6) mengatakan bahwa ia sudah diberitahu oleh presiden Uni Emirat Arab (UEA) jika dua negara penghasil minyak terbesar di Timur Tengah, yakni Arab Saudi dan Uni Emirat Arab siap meningkatkan produksi minyaknya untuk menekan harga komoditas energi tersebut.

"Saya sudah melakukan panggilan telepon dengan MbZ (pemimpin Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed al Nahyan)," kata Macron dikutip Reuters.

"Ia memberitahu saya dua hal. (yakni negara) saya berada pada kapasitas (produksi minyak) maksimum. Ini yang ia klaim," tambah Presiden Perancis itu.


AS Desak China Ikut Perangi Illegal Fishing

"dan kemudian ia mengatakan bahwa (pemerintah Arab) Saudi juga bisa meningkatkan (kapasitas produksi minyak) hingga 150 (barel per hari). Mungkin masih sedikit, tapi mereka tidak memiliki kapasitas yang besar sebelum enam bulan," lanjut Macron.

Sementara itu, Menteri Energi Uni Emirat Arab Suhail bin Mohammed Al Mazrouei mengatakan bahwa kapasitas produksi minyak Uni Emirat Arab sudah sesuai dengan kuota yang ditentukan oleh organisasi OPEC+, yakni 3.168 barel per hari.

“Mengingat laporan media baru-baru ini, saya ingin mengklarifikasi bahwa UEA memproduksi mendekati kapasitas produksi maksimum kami berdasarkan baseline produksi OPEC+ saat ini,” kata Al Mazrouei.

China Bakal Pertahankan Kebijakan "Zero Covid" hingga 5 Tahun ke Depan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia