logo


Zelensky Masih Enggan Negosiasi dengan Rusia soal Penyelesaian Konflik

Seorang pejabat pemerintah Perancis mengatakan bahwa Presiden Ukraina saat ini masih belum berencana melanjutkan proses negosiasi dengan Rusia soal penyelesaian konflik

28 Juni 2022 12:30 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Ukrinform

KIEV, JITUNEWS.COM - Seorang pejabat pemerintah Perancis yang tidak disebut namanya melaporkan kepada AFP bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat ini tidak berencana untuk menggelar pembicaraan damai dengan Rusia, soal penyelesaian konflik yang tengah berkecamuk di wilayah Donbass. Narasumber anonim itu menjelaskan bahwa pernyataan Zelensky dilontarkan pada sebuah tautan video dalam KTT G7 yang digelar di Jerman pada awal pekan ini.

“Presiden Zelensky memberikan tanggapan yang sangat jelas bahwa sekarang bukan waktunya untuk negosiasi. Ukraina akan bernegosiasi ketika berada dalam posisi untuk melakukannya, yaitu, ketika pada dasarnya telah membangun kembali posisi kekuatannya,” kata seorang pejabat Perancis, dikutip AFP.

Meski demikia, lanjutnya, Zelensky ingin negara-negara G7 untuk menjatuhkan lebih banyak tekanan terhadap Moskow yang memaksa pasukan Rusia menghentikan pertempurannya di Ukraina.


Presiden Ukraina Desak Negara G7 Jatuhkan Sanksi Lebih Berat terhadap Moskow

“Sementara itu, dia harus mengakhiri perang secepat mungkin,” tambah pejabat itu.

Pada bulan Maret, upaya untuk menegosiasikan solusi damai dilakukan dengan mediasi Turki. Moskow mengatakan Kiev menawarkan beberapa konsesi tentang status netral Ukraina di masa depan dan bahwa Kremlin menulis dokumen resmi berdasarkan saran itu, tetapi Kiev mengabaikannya.

Moskow mengatakan sikap Ukraina itu dimotivasi oleh pasokan senjata Barat dan dorongan dari politisi seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, yang mengatakan kepada para pejabat Ukraina untuk terus berjuang hingga pasukan Rusia bisa dikalahkan atau dipukul mundur ke wilayah perbatasan.

Sementara itu, Rusia mengatakan bahwa penundaan negosiasi hanya memperpanjang konflik dan menyebabkan korban dan kerusakan yang tidak perlu bagi pihak-pihak yang terlibat.

PM Inggris Berharap Konflik Ukraina-Rusia Tak Segera Berakhir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia