logo


Uni Emirat Arab Bersedia Bantu Proses Pertukaran Tawanan Perang Ukraina-Rusia

Seorang narasumber anonim mengatakan bahwa pemerintah Uni Emirat Arab sudah mengajukan proposal tawaran untuk membantu Rusia dalam proses pertukaran tawanan perang dengan Ukraina

27 Juni 2022 20:15 WIB

Bendera Uni Emirat Arab
Bendera Uni Emirat Arab istimewa

ABU DHABI, JITUNEWS.COM - Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) dikabarkan telah mengajukan tawaran untuk membantu Rusia dalam proses pertukaran tawanan perang dengan Ukraina. Hal itu disampaikan oleh seorang narasumber yang mengetahui masalah tersebut, dikutip Sputniknews.

“Perwakilan berpangkat tinggi dari UEA, setelah mempertimbangkan situasi saat ini di Ukraina, telah beralih ke pihak Rusia dengan proposal untuk membantu pertukaran tahanan. Proposal yang diajukan melalui mediasi UEA sedang dipertimbangkan saat menyusun daftar tawanan perang dengan pihak Ukraina,” kata sumber anonim itu.

Pemerintah UEA sebelumnya sudah menyatakan netral atau tidak berpihak dalam konflik Ukraina-Rusia, mendesak agar konflik itu diselesaikan melalui jalur diplomasi. UEA juga tidak memberlakukan kebijakan sanksi anti-Rusia atas serangan militer yang mengguncang Ukraina sejak akhir Februari lalu. Hubungan kerjasama perdagangan antara UEA dan Rusia hingga kini juga masih berlanjut.


Vladimir Putin Siap Kirim Rudal Nuklir Rusia ke Belarusia

Terkait tawanan perang, Kementerian Pertahanan Rusia pada awal Juni kemarin mengatakan bahwa lebih dari 6.500 personil militer Ukraina saat ini sudah ditahan oleh pasukan Rusia dan prajurit Donetsk, dan setiap minggunya puluhan hingga ratusan personil militer Ukraina yang sudah diserahkan kembali oleh Rusia.

Di sisi lain, jumlah tentara Rusia dan milisi Donetsk yang ditahan oleh Ukraina lebih sulit ditentukan. Pada bulan April, Kiev melaporkan bahwa mereka sudah menahan 600 personil tentara Rusia. Hanya saja, pemerintah Rusia masih belum mengkonfirmasi klaim Ukraina itu.

Respons Misi Jokowi Damaikan Ukraina-Rusia, Ferdinand: Sangat Berarti bagi Sektor Ekonomi Dunia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia