logo


Rencanakan Keuangan Pakai Produk Dana Pensiun, Raih Masa Depan yang Lebih Baik

bjb DPLK dapat membantu mewujudkan masa depan yang lebih cemerlang.

27 Juni 2022 17:41 WIB

Ilustrasi perencanaan keuangan
Ilustrasi perencanaan keuangan Istimewa

BANDUNG, JITUNEWS -  Melakukan perencanaan keuangan adalah sebuah keniscayaan, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi kelak. Dengan rencana keuangan, setidaknya ada harapan tentang masa depan yang lebih baik.

Bagaimanapun, memiliki perencanaan keuangan yang terjamin menjadi harapan setiap orang. Tetapi tidak semua orang memiliki rencana yang matang dalam mempersiapkan hidupnya kelak. Bisa jadi karena mereka tidak tahu atau menganggap perencanaan keuangan hanya bagi mereka yang berusia lanjut.

Perencanaan keuangan pun tak melulu bagi mereka yang akan menginjak pensiun, tetapi juga mesti dipersiapkan oleh kalangan muda atau milenial.


13 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS

Namun tak semua masyarakat mau dan tahu bagaimana perencanaan keuangan dilakukan. Padahal, banyak sekali produk keuangan yang bisa diakses masyarakat untuk membantu perencanaan keuangan di masa depan.

Jika seseorang telah bekerja dan berniat melakukan perencanaan keuangan, maka bjb Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) adalah pilihannya. Produk ini memiliki sejumlah kelebihan yang akan membantu mewujudkan masa depan yang cemerlang.

bjb DPLK adalah dana pensiun bank bjb yang dibuat untuk membantu nasabah mempersiapkan masa mendatang. Karena, berapapun besarnya penghasilan saat ini, tanpa ada perencanaan pensiun, tidak ada yang bisa menjamin masa tua Anda akan terpenuhi secara ekonomi. Tapi jika Anda bergabung menjadi nasabah bjb DPLK, maka perencanaan keuangan yang lebih pasti.

Cara bergabung menjadi nasabah DPLK sangatlah mudah. Menariknya, bebas biaya pendaftaran. Hanya dengan setoran awal Rp100 ribu dan iuran bulanan minimal Rp50 ribu per bulan, peserta dapat mempersiapkan dana pensiun secara mandiri sesuai keinginannya dengan jangka waktu tertentu hingga mencapai usia pensiun.

Bedanya dengan dana pensiun lainnya, di bjb DPLK, besaran dan perubahan iuran diatur oleh peserta sendiri dan dapat dilakukan setiap saat. Fleksibilitas ini akan sangat membantu nasabah dalam hal keuangan. Semakin besar iuran yang disetorkan, maka akan semakin besar dana pensiun yang akan didapatkan kelak.

Secara manfaat, nasabah memperoleh benefit pensiunan sampai dengan Rp50 juta bebas pajak, pengenaan pajak 5% bersifat final dikenakan untuk kelebihan dari Rp50 juta. Selain itu, batas usia pensiun yang tersedia dan manfaat usia pensiun dipercepat memungkinkan DPLK digunakan untuk manfaat lainnya seperti untuk ibadah keagamaan, pendidikan, liburan di masa depan dan berbagai hal lainnya sesuai dengan kebutuhan peserta.

Produk ini pun sangat menguntungkan. Pengelolaan dana peserta pada investasi dilakukan secara profesional dan pada instrumen yang memberikan keuntungan optimal dan aman bagi peserta. Pembebasan pajak hasil investasi memberikan keuntungan tambahan bagi pengembangan dana peserta.

Soal keamanan dana, bank bjb memiliki instrumen agar dana nasabah tetap terjaga. Pengalaman selama lebih dari 10 tahun dalam pengelolaan DPLK yang serta dukungan penuh pendiri DPLK yaitu bank bjb memberikan keamanan bagi dana peserta. Nantinya, pertumbuhan saldo iuran, dana pengembangan peserta serta biaya dapat diketahui langsung oleh peserta.

"Transaksi DPLK bank bjb juga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, misalnya melalui setoran tunai, autodebet, transfer antar bank, transfer dari ATM bank manapun dan internet banking. Melalui DIGI by bank bjb, saldo iuran dan pengembangan peserta DPLK bank bjb dapat diketahui setiap saat. Penarikan iuran dan klaim dapat dilaksanakan di seluruh jaringan kantor bank bjb," ujar Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Industri BPD Tanah Air Tetap Tumbuh Meski Pandemi, Ini Rahasianya

Halaman: 
Penulis : Iskandar