logo


Negara-negara G7 Diminta Bantu Atasi Krisis Kelaparan Global

Direktur Program Pangan Dunia Martin Frick mengatakan bahwa wabah kelaparan dapat mengacaukan negara dan dengan demikian merupakan masalah perdamaian dan keamanan utama

25 Juni 2022 11:15 WIB

Para pemimpin negara anggota G7
Para pemimpin negara anggota G7 istimewa

BERLIN, JITUNEWS.COM - Direktur Program Pangan Dunia dari Jerman Martin Frick mengatakan bahwa tujuh negara kaya di dunia yang bergabung dalam kelompok G7 harus meningkatkan bantuan kemanusiaan untuk membantu mengatasi krisis kelaparan global, yang diperburuk oleh situasi perang di Ukraina.

Seperti diketahui, G7 akan memulai pertemuan selama tiga hari di Bavaria, Jerman, pada hari Minggu (26/6), setelah adanya peringatan dari PBB bahwa dunia menghadapi "krisis kelaparan global yang belum pernah terjadi sebelumnya" karena harga bahan pangan meroket.

"Kelaparan dapat mengacaukan negara dan dengan demikian merupakan masalah perdamaian dan keamanan utama," katanya kepada media Jerman, RND, dikutip Reuters.


Eropa Bakal Dilanda Krisis Energi pada Musim Dingin, Begini Respons AS

Ia mencatat bahwa inflasi harga pangan saat ini yang mencapai lebih dari 25% di 36 negara adalah "bom waktu" .

Dia juga menegaskan bahwa Program Pangan Dunia mungkin akan mendapatkan tidak lebih dari setengah dari $ 21,5 miliar yang dibutuhkan tahun ini, sehingga lebih banyak bantuan masih tetap diperlukan.

"Harus ada pemahaman bersama bahwa krisis ini tidak bisa lagi diselesaikan dengan menempel plester, tetapi sistemnya harus diubah," kata Frick.

NASA Bakal Bangun Reaktor Nuklir di Bulan pada 2030

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia