logo


13 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS

Aplikasi catatan keuangan bisa menjadi salah satu jawaban dari segala kebingunganmu dalam mengatur keuangan

24 Juni 2022 16:07 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Mengatur keuangan memang terkadang tidak mudah. Bahkan gaji yang seharusnya cukup untuk sebulan justru habis sebelum waktunya gajian. Kalau sudah begini, kamu disarankan untuk menggunakan salah satu aplikasi catatan keuangan. Berikut ini beberapa daftar aplikasi catatan keuangan terbaik yang bisa kamu unduh dan gunakan di telepon genggam kesayanganmu.

Pentingnya memiliki aplikasi catatan keuangan

Selain mengatur keuangan secara manual dengan buku catatan maupun beberapa cara lain, aplikasi catatan keuangan bisa menjadi salah satu jawaban dari segala kebingunganmu dalam mengatur keuangan. Di era teknologi dan keterkaitan erat masyarakat dengan gawai, adanya aplikasi catatan keuangan bisa menjadi salah satu terobosan otomatis yang cepat dan mudah dipakai.


5 Rekomendasi Smartphone realme Terbaru di Tahun 2022

Dengan adanya aplikasi catatan keuangan ini seseorang dapat dengan mudah memasukkan berbagai keperluan maupun proyeksi pengeluaran dan pendapatan dalam periode tertentu dan menghitungnya secara mudah. Kamu tidak perlu lagi kaget atau bingung setelah mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu dan lupa mencatatnya. Kamu juga bisa lebih aware terhadap saldo keuanganmu lewat kalkulasi otomatis aplikasi catatan keuangan.

Hasilnya, aplikasi catatan keuangan akan membantumu untuk mengelola keuangan pribadi secara lebih rigid dan transparan. Kamu tidak perlu bingung dan repot lagi mengumpulkan nota atau bon belanjaan karena kamu bisa memasukkan setiap pengeluaranmu ke dalam aplikasi catatan keuangan tersebut.

18 Rekomendasi Aplikasi Catatan Keuangan

Berikut ini beberapa daftar aplikasi catatan keuangan terbaik yang bisa kamu unduh dan gunakan di telepon genggam kesayanganmu.

1. Jurnal by Mekari

Sebagai salah satu aplikasi catatan keuangan terbaik, Jurnal by Mekari ditujukan untuk membantu proses pengaturan keuangan, terutama bagi para pelaku UKM. Aplikasi ini dirancang untuk menjembatani basis pengguna yang selama ini kurang tertarik atau belum pernah memanfaatkan aplikasi layanan keuangan. Jadi, untuk membuatnya lebih user friendly, Jurnal by Mekari hadir dengan desain yang lebih atraktif, lengkap dengan fitur seperti pengingat cicilan dan pencatat piutang usaha. Saat ini Jurnal by Mekari baru tersedia di Android, bila ingin mencobanya kamu bisa temukan Jurnal by Mekari dengan mengaksesnya di https://jurnal.id.

2. UangKu – My Money Management

Butuh catatan keuangan yang lebih tertata? Aplikasi ini bisa kamu coba, kamu bisa cari aplikasi dengan nama Uangku di Google Play Store. Aplikasi ini memberikan fungsi pencatatan keuangan personal secara ringkas dan sederhana. Lewat fitur penataan kategori yang mereka berikan, kamu bisa menganalisis pengeluaran serta pemasukan tersebut dan menampilkannya ke dalam bentuk grafik. UangKu buatan developer ODT Indonesia ini bisa dijadikan pilihan terbaik karena kegunaan fungsi, fitur, dan desain yang ditawarkannya. Unduh aplikasinya lewat website berikut.

3. Monefy

Mencari aplikasi buat mengatur keuangan keluarga atau bersama pasangan? Monefy bisa jadi pilihanmu sebagai aplikasi catatan keuangan terbaik bagi keluarga. Terdapat pula fitur sinkronisasi akun dengan memanfaatkan Dropbox, sehingga kamu bisa bersama memantau pengeluaran keluarga secara real time. Selain itu, Monefy juga memiliki fitur antarmuka yang mudah dipelajari serta digunakan, yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan angka pengeluaran dan pemasukan. Setelah itu, aplikasi akan secara otomatis mengelompokkan jenis transaksi tersebut ke dalam pos yang sesuai. Untuk mencobanya, kini Monefy telah tersedia di Android dan iOS.

4. Money Lover

Money lover jadi salah satu aplikasi keuangan bagus yang dapat kamu coba. Ada beberapa fitur di dalamnya seperti fitur catatan utang piutang, tagihan, pencatatan transaksi dan aplikasi ini dilengkapi juga dengan diagram keuangan yang akan membantu menganalisis kondisi keuanganmu dalam periode tertentu. Tampilannya yang mudah digunakan tak heran bila Money Lover banyak digunakan, terutama oleh millennial. Perangkat lunak ini juga mendukung penggunaan dalam 30 bahasa yang disertai dengan 100 macam mata uang. Jika ingin mencoba mengunduhnya kamu bisa buka laman ini.

5. Finansialku

Daftar kelima aplikasi catatan keuangan datang dari Finansialku. Bila dilihat dari aplikasinya, Finansialku menyediakan beragam fitur seperti pencatatan pengeluaran, perencanaan keuangan, konsultasi keuangan, belajar tentang keuangan dan mengetahui produk-produk keuangan. Uniknya terdapat fitur foto dan lokasi saat kamu ingin mencatat transaksi yang dilakukan. Untuk menggunakannya, kamu bisa memakai aplikasi ini dengan cara gratis atau berbayar.

Adapun biaya untuk menggunakan aplikasi Finansialku sekitar Rp 35.000 per bulan atau Rp 350.000 per tahun. Dengan memiliki akun premium nantinya kamu bisa berkesempatan untuk berkonsultasi dengan penasehat keuangan dari Finansialku. Ingin mencoba aplikasi FinansialKu? Coba temukan di sini.

6. Mint

Mint menjadi salah satu rekomendasi aplikasi catatan keuangan pribadi yang cukup populer. Hal ini karena Mint dapat secara otomatis memperbaharui dan membuat kategori pengeluaran, sehingga akan ada data pengeluaran secara real time. Pengguna juga diberi akses leluasa untuk membuat kategori pengeluaran sebanyak mungkin, supaya dapat mengatur secara detail dan terperinci.

Kamu juga bisa membagi transaksi, melacak tagihan dan membuat pengingat pada tagihan tersebut sebelum jatuh tempo. Kelebihan lain dari aplikasi ini yaitu sudah mendukung pengamanan otentikasi multifaktor dan dapat dipakai juga dalam versi web. Bagi kamu yang tertarik ingin berinvestasi, Mint juga menawarkan akses untuk menggunakan akun investasi. Meski begitu fitur penganggaran masih dirasa lengkap dibanding investasi. Penasaran? Langsung saja download aplikasinya di sini.

7. You Need a Budget (YNAB)

You Need a Budget (YNAB) adalah aplikasi yang menggunakan sistem penganggaran berbasis nol. Sistem penganggaran berbasis nol yakni metode penganggaran dimana setiap pengguna membuat anggaran dari semua pemasukan hingga tidak tersisa. Tentunya anggaran ini tidak dihabiskan sepenuhnya untuk bujet pengeluaran, melainkan diatur juga untuk anggaran tabungan dan pembayaran utang.

Uniknya YNAB terhubung dengan akun bank yang nantinya kamu bisa menetapkan tujuan anggaran, menyesuaikan kategori pengeluaran dan ada juga panduan penggunaan serta saran anggaran. Sayangnya user hanya diberikan waktu sekitar 34 hari untuk mencoba aplikasi secara gratis setelah pendaftaran. Download di sini aplikasinya. Bila kamu ingin memperpanjang penggunaan, kamu harus membayar aplikasi sebesar USD 11.99 per bulan atau USD 84 per tahun.

8. Goodbudget: budget & finance

Rekomendasi selanjutnya aplikasi pengelola keuangan berasal dari Goodbudget. Keunikan aplikasi ini adalah fitur amplop yang membantu kamu membagi pendapatan bulanan berdasarkan kategori pengeluaran tertentu dengan lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga tidak perlu menyinkronkan perangkat lunak dengan akun bank. Kamu cukup menuliskan secara manual untuk menambahkan saldo, uang tunai, dan daftar utang ke dalam perangkat tersebut.

Kamu dapat mengakses akun yang sama dalam aplikasi ini lewat beberapa perangkat sehingga anggota keluarga dan mitra bisa membuat anggaran bersama. Kamu bisa mengunduh aplikasi Goodbudget ini melalui laman ini. Untuk versi gratisnya bisa digunakan oleh dua perangkat dengan satu akun disertai dengan pencantuman anggaran amplop yang terbatas.
Sementara untuk versi berbayar dikenai biaya sebesar USD 6 per bulan atau USD 50 per tahun, yang menawarkan pencantuman anggaran amplop dan akun tanpa batas dan bisa dipakai dalam 5 perangkat serta fasilitas lainnya.

9. Google Sheet

Dalam pengelolaan keuangan atau hal yang berhubungan dengan perhitungan, penggunaan Google sheet tidak boleh dilupakan. Sebab, bisa jadi inilah satu-satunya aplikasi yang sepenuhnya bisa gratis kamu gunakan. Hanya bermodal akun Google, kamu sudah dapat membuat bagan untuk menjelaskan anggaran pengeluaran. Di kantor juga penggunaan Google Sheet ini sangat membantu operasional menuliskan pengeluaran selain memakai Excel. Itulah 10 rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjaga agar pengeluaranmu tetap terjaga, dan gajimu pun aman.

10. Wallet

Wallet merupakan aplikasi catatan keuangan yang dirilis oleh BudgetBakers. Aplikasi catatan keuangan ini secara umum akan membantumu mengelola dan menghemat uang serta merencanakan masa depan dengan lebih rinci dan terarah. Wallet dapat membantumu untuk melihat semua catatan keuangan dalam satu wadah praktis yang dapat diakses lewat smartphone.

Aplikasi catatan keuangan ini memungkinkan pengguna untuk memantau pengeluaran harian secara otomatis dan juga dapat disinkronisasikan dengan akun bank. Wallet juga dapat mempelajari laporan pengeluaran mingguan, mengelola utang, dan melacak tagihan kapan pun dan di mana pun. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini lewat tautan berikut.

11. Spendee

Aplikasi catatan keuangan Spendee merupakan aplikasi yang membantu kamu untuk mengatur budget dan pengeluaran sekaligus merencanakan dan melacak pengeluaranmu secara mudah dan otomatis. Aplikasi catatan keuangan ini bahkan diklaim dapat melihat dan mempelajari kebiasaan seseorang dalam mengeluarkan uang. Hal ini memungkinkan kamu untuk melacak dan mengatur prioritas keuangan secara bertanggung jawab.

Spendee juga dapat dihubungkan dengan akun bank daring milikmu, baik e-wallet maupun mata uang kripto. Selain itu, aplikasi catatan keuangan ini juga dapat mengoptimalkan pengeluaran dan mengaturnya serta memberikan analisis dengan grafik atau infografis sederhana. Kamu bisa mengunduh Spendee di sini.

12. Lunasbos

Aplikasi catatan keuangan LunasBos secara umum merupakan aplikasi pelacak utang yang dapat memudahkan penagihan dan pengingatan utang piutang dua arah. Aplikasi catatan keuangan ini dapat memantau sisa utang dan piutan seseorang dengan akurat sehingga dapat diterapkan pada transaksi jual beli dan utang piutang pribadi. Karena bersifat dua arah, maka aplikasi catatan keuangan LunasBos ini akan memberi notifikasi pada pelanggan dan pada pengguna. Hal ini akan meminimalisir kesalahpahaman akan nominal utang terbayar dan pelunasannya. Kamu bisa mengunduh aplikasi Lunasbos lewat tautan berikut.

13. Moneon

Moneon dibangun sebagai jawaban dari kesulitan orang untuk menghemat uang dan membuat rencana keuangan untuk masa depan. Aplikasi catatan keuangan ini dapat membantu kamu untuk mengambil prioritas pembelian atau pengeluaran dengan lebih baik. Kamu dapat merencanakan pembelian sesuai kategori dan Moneon akan membantumu untuk melaporkan gambaran arus kas secara umum.

Secara praktis, Moneon diklaim mampu memotong pengeluaran penggunanya hingga 25% dalam satu bulan karena membantu mereka dalam menentukan skala prioritas dan melacak ke mana perginya uang mereka. Aplikasi catatan keuangan ini mampu menghitung semua pendapatan dan pengeluaran dalam berbagai kategori dan juga mengelompokkannya lewat faktor-faktor khusus. Kamu bisa mengunduh Moneon lewat tautan berikut ini.

7 Keuntungan yang Akan Didapat Jika Menggunakan Aplikasi Pembukuan Keuangan di Perusahaan

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata