logo


PKS-Demokrat Sambangi NasDem, Pakar: Lawan Hegemoni Kubu Pemerintah

Pengamat politik Univeristas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menilai PKS dan Demokrat ingin berganti rezim pada Pemilu 2024

24 Juni 2022 15:04 WIB

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno
Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengamat politik Univeristas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menyebut Partai NasDem seolah menjadi primadona bagi sejumlah partai. Pasalnya, NasDem paling banyak disambangi parpol lain menjelang Pilpres 2024.

Adi lantas menyoroti PKS dan Demokrat yang menyambangi NasDem usai mengumumkan tiga bakal calon presiden yang akan diusung di pemilu mendatang. Ia menyebut ada kecenderungan niat untuk melawan hegemoni partai pemerintah.

"Ada kecenderungan NasDem ini bikin satu poros koalisi politik yang sepertinya memang diniatkan untuk melawan hegemoni kekuatan politik kubu pemerintah," kata Adi dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (23/6/2022).


Hasan Nasbi Taruhan Terkait Anies Baswedan Capres, PKS: Anies Punya Survei yang Bagus

Ia menilai PKS dan Demokrat ingin berganti rezim pada Pemilu 2024. Pasalnya, dua periode pemerintahan selalu dipegang oleh PDIP.

NasDem, kata dia, memiliki modal sumberdaya alam dan manusia yang kuat. Ia menyebut NasDem merupakan partai yang loyal kepada pemerintah namun dinilai memiliki visi yang berbeda di Pemilu 2024.

"NasDem ini dinilai punya kemampuan melakukan penetrasi ke dalam, terutama untuk bagaimana memenangkan pertarungan secara politik. Orang dalam dan kebetulan sepertinya punya intensi beda jalan untuk 2024," jelasnya.

AHY Akan Temui Prabowo Malam Ini, Demokrat: Sudah Lama Direncanakan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati