logo


Vladimir Putin Sebut Krisis Ekonomi Global Bisa Dipulihkan dengan Cara Ini

Presiden Rusia mengklaim jika krisis perekonomian global disebabkan oleh tindakan egosi negara-negara barat

24 Juni 2022 11:15 WIB

Vladimir Putin
Vladimir Putin istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (23/6) mengatakan bahwa tindakan egois negara-negara Barat untuk menyalahkan seluruh dunia atas kesalahannya sendiri telah menyebabkan krisis ekonomi global. Hal itu ia sampaikan dalam pidatonya pada KTT BRICS ke-14 yang digelar secara virtual.

“Hanya atas dasar kerja sama yang jujur ??dan saling menguntungkan, dimungkinkan untuk menemukan jalan keluar dari situasi krisis yang telah mencengkeram ekonomi global karena tindakan ceroboh dan egois dari negara-negara tertentu,” kata Putin, dikutip RT.com.

Pemimpin Rusia itu menekankan bahwa hari ini, tidak seperti sebelumnya, kepemimpinan negara-negara BRICS diperlukan untuk mengembangkan kebijakan pemersatu yang bertujuan untuk membentuk sistem hubungan antar pemerintah yang benar-benar multipolar, dan bahwa itu harus didasarkan pada norma-norma yang sesuai dengan hukum internasional dan prinsip-prinsip utama Piagam PBB.


Jalur Pipa Gas Rusia Berhenti Beroperasi 10 Hari, Jerman Kalang Kabut

Menurut Putin, negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) memiliki potensi politik, ekonomi, ilmiah, teknologi, dan sumber daya manusia yang sangat besar, serta pengaruh mereka di arena global meningkat setiap tahunnya.

“Rusia siap untuk terus mengembangkan interaksi multifaset yang erat dengan semua mitra [BRICS] dan berkontribusi pada peningkatan perannya dalam urusan internasional,” janji Putin.

Soal Pemblokiran Transit Barang Rusia-Kaliningrad, Uni Eropa Bilang Begini

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia