logo


Iran Minta Konflik Ukraina Diselesaikan secara Diplomatik

Menteri Luar Negeri Iran mengatakan bahwa pihaknya berharap konflik Ukraina bisa segera diselesaikan melalui jalur diplomasi

23 Juni 2022 21:30 WIB

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdolahian (kiri) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov
Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdolahian (kiri) dan Menlu Rusia Sergey Lavrov The Times of Israel

TEHERAN, JITUNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian pada Kamis (23/6) mengatakan bahwa krisis yang tengah berlangsung di Ukraina dipicu oleh kebijakan Amerika Serikat. Meski begitu, konflik tersebut hanya bisa diselesaikan melalui negosiasi damai. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah konferensi pers di Teheran, bersama Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Menurut laporan sejumlah media Iran, Lavrov dikabarkan tiba di Teheran pada hari Rabu (22/6) untuk kunjungan selama dua hari. Kunjungan itu ia lakukan untuk membahas soal pemulihan kesepakatan nuklir Iran 2015, dan upaya peningkatan kerjasama bilateral, dan masalah internasional dan regional.

“Mengenai (konflik) Ukraina, kami percaya bahwa tindakan Amerika Serikat yang dilakukan melalui NATO adalah bagian dari penyebab krisis. Namun, Republik Islam (Iran) tidak melihat perang sebagai solusi dan menyambut baik pembicaraan politik mengenai masalah ini,” kata Amirabdollahian, dikutip Reuters.


Rusia Kurangi Pasokan Gas ke Eropa, Jerman: Serangan Ekonomi terhadap Kami

Pada kesempatan itu, Lavrov menegaskan bahwa Rusia menentang kebijakan sanksi yang dijatuhkan oleh negara barat terhadap negaranya karena sudah melancarkan operasi militer ke Ukraina.

 

Rusia Dituduh Curi dan Kirim Gandum Ukraina ke Luar Negeri, Turki Gelar Investigasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia