logo


Rusia Kurangi Pasokan Gas ke Eropa, Jerman: Serangan Ekonomi terhadap Kami

Menteri Ekonomi Jerman mengatakan bahwa keputusan Rusia mengurangi pasokan gas ke Eropa merupakan sebuah bentuk serangan ekonomi

23 Juni 2022 21:00 WIB

Menteri Perekonomian Jerman Robert Habeck
Menteri Perekonomian Jerman Robert Habeck DW.com

BERLIN, JITUNEWS.COM - Pemerintah Jerman menuduh Rusia sudah memulai “serangan ekonomi” terhadap Jerman dan Uni Eropa, dengan membatasi pasokan gas ke benua Eropa.

“Mengurangi pasokan gas melalui pipa Nord Stream 1 adalah serangan terhadap kami – serangan ekonomi terhadap kami,” kata Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck pada hari Selasa (21/6), dikutip RT.com.

Habeck menambahkan bahwa Moskow sedang mencoba untuk menimbulkan ketakutan di Eropa dan bahwa situasi pasokan gas dapat menyebabkan krisis yang lebih buruk daripada pandemi virus corona.


Jokowi Kunjungi Ukraina dan Rusia, Golkar: Tepat dan Cermat

Sebelumnya, raksasa energi Rusia Gazprom pada pekan lalu sudah memangkas aliran gas alam ke Jerman melalui jalur pipa Nord Stream 1 sebesar 60%, dengan alasan masalah teknis. Gazprom mengatakan bahwa turbin di stasiun pompa masih berada di Kanada dan belum dikembalikan dari perbaikan karena terhalang kebijakan sanksi. Menurut laporan media, Kanada sekarang sedang mencari cara untuk mengirim bagian-bagian penting tanpa melanggar kebijakan pembatasan tersebut.

Pengurangan pasokan gas Rusia juga berpengaruh terhadap negara-negara Eropa lainnya, termasuk Perancis, Austria dan Republik Ceko, yang selama ini mendapatkan kiriman gas dari Jerman. Hal itu memaksa negara-negara Uni Eropa lainnya untuk memperkenalkan langkah-langkah darurat yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan gas alam.

 

Soal Rencana Bergabungnya Swedia dan Finlandia ke NATO, Stoltenberg: Saya Tidak Bisa Menjamin

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia