logo


Jokowi Kunjungi Ukraina dan Rusia, Golkar: Tepat dan Cermat

Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

23 Juni 2022 13:00 WIB

Anggota Komisi I DPR RI, Meutya Hafid
Anggota Komisi I DPR RI, Meutya Hafid Jitunews/Khairul Anwar

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Presiden Joko Widodo akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, menilai bahwa langkah Jokowi tersebut tepat.

"Saya menganggap tepat dan cermat rencana kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dalam kapasitas sebagai Presiden G20 dan anggota the Champion Group of the United Nations' Global Crisis Response Group (GCRG) ke Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia akhir bulan ini," kata Meutya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/6).

Politikus Golkar ini mengatakan bahwa kunjungan Jokowi tersebut sejalan dengan hasil rapat kerja Komisi I DPR dengan Menlu. Kemlu diminta melakukan diplomasi secara intensif dalam mencari solusi atas konflik Ukraina-Rusia.


Jokowi Kunjungi Ukraina-Rusia, Menlu: Mencoba Berkontribusi, Tidak Memilih untuk Diam

"Saya melihat ini juga sebagai sinergitas pemerintah dan parlemen dalam menentukan posisi Indonesia dalam diplomasi global khususnya terkait konflik Rusia-Ukraina," katanya.

Meutya mengatakan bahwa kunjungan Jokowi juga mencerminkan posisi Indonesia yang mengedepankan perundingan dalam penyelesaian sengketa.

"Kunjungan ini juga mencerminkan posisi dasar Indonesia yang imparsial dan mengedepankan dialog dan perundingan dalam penyelesaian sengketa ketimbang jalur militer dan peperangan," katanya.

"Saya juga berharap Indonesia dapat memastikan koridor kemanusiaan tetap dibuka di wilayah perang Rusia-Ukraina," pungkasnya.

Jokowi Bertemu Megawati, Kemal Palevi: Kayak Menghadap Guru BP

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata