logo


AS Berharap Turki Dukung Rencana Swedia dan Finlandia Gabung dengan NATO

Diplomat AS untuk Eropa mengatakan bahwa pihaknya berharap Turki bersedia memberikan dukungannya terhadap rencana Swedia dan Finlandia untuk bergabung menjadi anggota NATO

23 Juni 2022 11:45 WIB

Bendera Turki (kiri) dan NATO
Bendera Turki (kiri) dan NATO Daily Sabah

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Karen Donfried, seorang diplomat tinggi Departemen Luar Negeri AS untuk Eropa pada Rabu (22/6) mengatakan bahwa Amerika Serikat berharap pemerintah Turki mendukung rencana Swedia dan Finlandia untuk bergabung menjadi negara anggota NATO.

Berbicara pada sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat (SFRC), Karen Donfried, asisten sekretaris untuk urusan Eropa dan Eurasia, mengatakan Washington memahami bahwa pembicaraan antara Turki dengan perwakilan Swedia dan Finlandia awal pekan ini telah berjalan dengan konstruktif.

"Kami yakin bahwa ini akan diselesaikan dengan cara yang positif. Ada dukungan luas dan mendalam di seluruh aliansi NATO untuk aksesi Finlandia dan Swedia," katanya, dikutip Reuters.


Finlandia Siap Perang jika Rusia Berani Menyerang

Sebagaimana diketahui, Finlandia dan Swedia mengajukan keanggotaan NATO sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina. Namun rencana tersebut belum disetujui oleh Turki, yang menganggap bahwa kedua negara selama ini menjatuhkan sanksi terhadap Ankara dan mendukung pergerakan kelompok militan Kurdi.

Berbicara kepada wartawan di Brussels awal pekan ini setelah pembicaraan mereka dengan perwakilan tinggi dari Swedia, Finlandia dan NATO, pejabat senior Turki tidak mengungkapkan tenggat waktu soal aksesi Swedia dan Finlandia ke dalam NATO.

"Setiap kemajuan dalam tawaran keanggotaan Nordik sekarang tergantung pada arah dan kecepatan di mana negara-negara ini akan mengambil langkah," kata juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin.

Rusia Bisa Saja Hentikan Pasokan Listrik ke Lithuania, Vilnius: Kami Siap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia