logo


Finlandia Siap Perang jika Rusia Berani Menyerang

Kepala Angkatan Bersenjata Finlandia menegaskan bahwa pihaknya siap menghadapi serangan Rusia

23 Juni 2022 10:45 WIB

Bendera Finlandia
Bendera Finlandia istimewa

HELSINKI, JITUNEWS.COM - Kepala Angkatan Bersenjata Finlandia, Jenderal Timo Kivinen, mengatakan bahwa selama beberapa dekade ini pihaknya selalu siap untuk menghadapi serangan Rusia.

Ia menambahkan bahwa negaranya sudah membangun persenjataan yang substansial. Selain perangkat keras militer, lanjutnya, faktor terpenting adalah bahwa Finlandia akan termotivasi untuk berperang.

"Garis pertahanan terpenting adalah di antara telinga seseorang, seperti yang dibuktikan oleh perang di Ukraina saat ini," kata Kivinen dalam sebuah wawancara, dikutip Reuters.


Ancam Balas Blokade Lithuania atas Kaliningrad, Moskow: Responnya Tidak Akan Diplomatis tapi Praktis

Menurut catatan sejarah, Finlandia pernah dua kali terlibat perang dengan Rusia, yang berbagi wilayah perbatasan sepanjang 1.300 km, pada tahun 1940-an.

Sebelumnya, Finlandia merupakan negara non-blok. Namun, serangan militer Rusia ke Ukraina membuat mereka khawatir dan mengajukan permohonan untuk bergabung dengan aliansi militer NATO.

“Kami telah secara sistematis mengembangkan pertahanan militer kami tepat untuk jenis perang yang sedang dilancarkan di sana (di Ukraina), dengan penggunaan besar-besaran senjata, pasukan lapis baja dan juga angkatan udara,” kata Kivinen.

"Ukraina telah menjadi gigitan yang sulit untuk dikunyah (untuk Rusia) dan demikian halnya dengan Finlandia," tukasnya.

Jerman Bakal Alami Resesi saat Pasokan Gas Rusia Terhenti

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia