logo


Ancam Balas Blokade Lithuania atas Kaliningrad, Moskow: Responnya Tidak Akan Diplomatis tapi Praktis

Juru bicara Kemenlu Rusia mengatakan bahwa Rusia akan membalas kebijakan Lithuania yang memblokir jalur transit barang menuju wilayah Kaliningrad dengan tindakan praktis

23 Juni 2022 09:45 WIB

Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova
Juru bicara pemerintah Rusia, Maria Zakharova istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, pada Rabu (22/6) mengatakan bahwa tanggapan Moskow terhadap keputusan pemerintah Lithuania memblokir transit barang dari dan menuju wilayah Kaliningrad tidak hanya akan bersifat diplomatik, tetapi juga praktis.

"Salah satu pertanyaan utama adalah tentang apakah tanggapannya akan eksklusif diplomatik. Jawabannya: tidak," kata Maria Zakharova pada pengarahan mingguannya, dikutip Reuters.

"Responsnya tidak akan diplomatis tapi praktis," tambahnya.

Sayangnya, Zakharova tidak akan merinci sifat dari tindakan praktis yang akan diambil oleh Rusia terhadap Lithuania.


Menlu Perancis: Ukraina Tidak Akan Menjadi Anggota Uni Eropa Besok Pagi

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsberg pada Senin (20/6) mengatakan bahwa keputusan pemerintah Lithuania untuk memblokir transit barang yang dikirim dari wilayah Rusia ke Kaliningrad melalui jalur kereta api, dibuat setelah berkonsultasi dan mendapatkan persetujuan dari Komisi Eropa.

Kaliningrad diketahui memiliki letak geografis yang unik, yang terpisah dari wilayah Rusia dan terletak diantara sejumlah negara anggota Uni Eropa dan NATO, seperti Polandia dan Lituania. Kaliningrad selama ini menerima pasokan dari Rusia melalui jalur kereta api dan gas melalui wilayah Lithuania.

Menanggapi kebijakan tersebut, salah satu orang terdekat Presiden Vladimir Putin, Nikolai Patrushev, pada Selasa (21/6) mengatakan bahwa tindakan "bermusuhan" Lithuania menunjukkan bahwa Rusia tidak dapat mempercayai Barat, yang menurutnya telah melanggar perjanjian tertulis mengenai Kaliningrad.

"Langkah-langkah yang tepat sedang dikerjakan dalam format antardepartemen dan akan diambil dalam waktu dekat. Konsekuensinya akan berdampak negatif yang serius pada penduduk Lituania," kata mantan mata-mata KGB tersebut.

G7 Akan Jatuhkan Tekanan yang Lebih Berat terhadap Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia