logo


G7 Akan Jatuhkan Tekanan yang Lebih Berat terhadap Rusia

Seorang pejabat AS yang tidak disebut namanya mengatakan bahwa salah satu agenda yang akan dibahas dalam KTT G7 adalah mengenai langkah-langkah baru untuk menekan Rusia

23 Juni 2022 09:09 WIB

KTT G7 2022 digelar di Jerman
KTT G7 2022 digelar di Jerman AFP

BERLIN, JITUNEWS.COM - Para pemimpin negara anggota G7 akan mengumumkan langkah-langkah baru yang ditujukan untuk memberikan tekanan yang lebih berat terhadap Rusia atas serangan militernya ke Ukraina. Langkah-langkah itu akan diumumkan pada KTT mendatang di Jerman.

“Kami akan meluncurkan serangkaian proposal konkret untuk meningkatkan tekanan pada Rusia,” kata seorang pejabat Amerika Serikat yang meminta untuk tidak disebut namanya kepada AFP pada Rabu (22/6).

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan akan terbang ke Jerman untuk bertemu dengan pemimpin pemerintahan Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang dalam KTT G7.


Rusia Desak Lithuania Cabut Kebijakan Larangan Transit Barang ke Kaliningrad

Setelah menghadiri KTT G7 dari Minggu (26/6) hingga Selasa (28/6), Joe Biden akan terbang ke Madrid untuk menghadiri pertemuan puncak aliansi militer NATO.

Menurut pejabat anonim tersebut, kedua pertemuan puncak tersebut akan membahas mengenai krisis yang terjadi di Ukraina dan dampaknya terhadap perekonomian global.

“Bagaimana kita memaksimalkan rasa sakit pada rezim Putin? Bagaimana kita meminimalkan tumpahan kembali ke seluruh dunia? Dan saya pikir itulah tepatnya bagaimana diskusi seputar pasar energi dan tantangan pasar energi akan dibingkai,” tambahnya.

Pejabat itu juga menegaskan bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan berpidato di kedua KTT, meskipun melalui tautan video dari Kiev.

Menlu Perancis: Ukraina Tidak Akan Menjadi Anggota Uni Eropa Besok Pagi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia