logo


Anies Diminta Ubah Nama JIS Jadi Stadion MH Thamrin, JJ Rizal: Kalau Enggak, Durhaka Sama Sejarah

JJ Rizal mengatakan bahwa MH Thamrin layak menjadi nama stadion karena bukan hanya nama pahlawan nasional, namun juga pahlawan sepak bola.

22 Juni 2022 17:00 WIB

Jakarta International Stadium
Jakarta International Stadium KBA News

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima petisi yang mengusulkan pergantian nama Jakarta International Stadium (JIS) menjadi Stadion Mohammad Husni Thamrin (MH Thamrin). Meski demikian, ia menyebut pihaknya belum tentu mengabulkan petisi tersebut.

Sementara itu, sejarawan JJ Rizal menyebut Anies Baswedan durhaka apabila tidak mengabulkan petisi yang berisi pengusulan nama stadion JIS menjadi MH Thamrin.

"Kebangetan kalau enggak diterima, durhaka sama sejarah Jakarta dan Indonesia," kata JJ Rizal kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/6/2022).


Pamer Keberhasilan Formula E di Sidang Paripurna, Anies: Bawa Nama Baik Jakarta ke Seantero Dunia

Rizal menilai stadion megah yang berada di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara itu belum memiliki nama hingga saat itu. Oleh karena itu, menurutnya Anies harus menerima usulan nama stadion MH Thamrin.

"Kita memberikan usulan nama, bahwa itu nama nanti diterima atau tidak kata Mas Anies tadi, ini belum tentu diterima ya. Ya menurut kami ini harus diterima," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa MH Thamrin layak menjadi nama stadion karena bukan hanya nama pahlawan nasional, namun juga pahlawan sepak bola.

"Bangunan yang semonumental seperti stadion yang hari ini akan diresmikan itu, harusnya mendapat nama yang jasa dan peran historisnya sama besar monumentalnya," jelasnya.

"Kita juga memenuhi amanat tentang penamaan rupa bumi harusnya mengacu pada ciri khas dan sejarah yang mengakar kuat di suatu tempat," lanjutnya.

 

Anies Baswedan, Ganjar, dan Andika Jadi Bakal Capres, NasDem: Ada yang Senyum dengan Luar Biasa

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati