logo


Zulhas Perlu Pertimbangkan Faksi Hatta Rajasa untuk Isi Jabatan Wakil Ketua MPR

Hal itu dikatakannya menanggapi masih kosongnya posisi Wakil Ketua MPR usai ditinggal oleh Zulkifli Hasan yang telah dilantik menjadi Menteri Perdagangan

17 Juni 2022 15:23 WIB

Zulkifli Hasan
Zulkifli Hasan twitter.com/setkabgoid

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pengamat politik Jerry Sumampouw menilai kubu Zulkifli Hasan perlu mempertimbangkan faksi Hatta Rajasa untuk mengisi jabatan Wakil Ketua MPR.

Hal itu dikatakannya menanggapi masih kosongnya posisi Wakil Ketua MPR usai ditinggal oleh Zulkifli Hasan yang telah dilantik menjadi Menteri Perdagangan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menurut Jerry, jika Partai Amanat Nasional (PAN) salah menentukan sikap terkait posisi tersebut, dampaknya akan sampai pada Pemilu 2024.


Soal PAN Dapat Kursi Menteri, PKB: Rabu Bakal Diumumkan Kok

"Menurut saya kubu ZulHas juga harus mempertimbangkan itu (memberi posisi kubu Hatta Raja) jika mau tetap eksis setelah Pemilu 2024. Jika tidak maka saya kira akan agak sulit bagi PAN. Kemungkinan besar PAN akan sulit lolos lagi ke Senayan," kata Jerry, Kamis malam (16/6/2022).

Koordinator Komite Pemilih Indonesia (Tepi) ini mengaku memahami bahwa semua keputusan tergantung dari dinamika di internal PAN. Hanya saja dalam rangka konsolidasi kekuatan  menyambut Pemilu 2024, Jerry menyarankan faksi Hatta Raja diakomidir.

"Kalau terjadi komunikasi dan konsolidasi politik yg baik di internal maka lebih baik memang gerbong HR diakomodir," saran Jerry.

Lebih lanjut, Jerry mengingatkan jika masih terus pecah dan bertikai di internal agak sulit bagi PAN lolos ke parlemen lewat Pemilu 2024 mendatang. Sebab itu, faksi Hatta Rajasa baiknya diakomidir.

"Jadi memang itu jadi penting untuk PAN, bukan semata-mata ZulHas. Menurut saya sih ZulHas tetap akan aman di kabinet jika tak ada sesuatu yang blunder," pungkasnya.

PAN Boleh 'GR' Jika Dapat Jatah Menteri, PKB Ingatkan Reshuffle Bukan Akomodasi Politik

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar