logo


Kongres AS Minta Washington Kurangi Ketergantungan pada Komoditas Mineral asal China dan Rusia

Sejumlah anggota Kongres khawatir jika situasi geopolitik baru-baru ini dapat mempercepat gangguan rantai pasokan pada komoditas antimon, senyawa kimia yang sangat penting dalam produksi semikonduktorm baterai dan amunisi

10 Juni 2022 17:42 WIB

Gedung Putih AS
Gedung Putih AS istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sejumlah anggota kongres AS, baik dari Partai Demokrat maupun Republikan, telah mendesak Pentagon menyediakan lebih banyak dana untuk mengisi kembali persediaan mineral strategis yang sebagian besar habis. Mereka khawatir bahwa sebagian besar antimon - senyawa logam yang sangat penting dalam produksi semikonduktor, baterai dan amunisi - yang digunakan oleh industri pertahanan Amerika berasal dari China dan Rusia.

"House Armed Services Committee (HASC) khawatir tentang dinamika geopolitik baru-baru ini dengan Rusia dan China dan bagaimana hal itu dapat mempercepat gangguan rantai pasokan, terutama dengan antimon,” kata sebuah laporan yang dirilis pada hari Rabu (8/6) dikutip Sputniknews.

Antimon biasanya dikombinasikan dengan timbal dan timah untuk membuat bantalan dan baterai timbal-asam. Ini juga digunakan dalam perangkat semikonduktor. Aplikasi militernya berkisar dari peluru dan bahan peledak hingga kacamata penglihatan malam dan bahkan senjata nuklir, menurut Defense News.


Merusak Perdamaian, China Desak AS Batalkan Penjualan Senjata ke Taiwan

“China adalah produsen antimon yang ditambang dan dimurnikan terbesar dan sumber utama impor untuk Amerika Serikat,” kata laporan tahun 2020 oleh Survei Geologi AS, mencatat bahwa “tidak ada ranjau domestik untuk antimon.”

Sebuah tambang emas Idaho, berhenti beroperasi pada 1997. Itu telah menjadi sumber alternatif antimon bagi AS selama Perang Dunia Kedua, ketika permusuhan dengan Jepang mencegah impor dari China.

Namun, China baru-baru ini kehilangan pangsa pasar ke Rusia – saat ini di bawah embargo AS – dan Tajikistan di dekatnya.

“Militer kita seharusnya tidak bergantung pada musuh yang sedang kita persiapkan untuk mempertahankan diri kita sendiri,” kata Anggota Kongres Scott Franklin (R-Florida) pada bulan April, bekerja sama dengan Seth Moulton (D-Massachusetts) untuk menuntut tambahan $254 juta untuk Cadangan Pertahanan Negara.

Cadangan “tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan Departemen Pertahanan untuk sebagian besar bahan yang diidentifikasi jika terjadi gangguan rantai pasokan,” kata anggota parlemen.

Organisasi asal AS Minta NATO Dibubarkan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia