logo


Soal Spanduk Firli Nyapres 2024, KPK: Mending Baliho Harun Masiku

Nawawi mengatakan bahwa pencarian buron dapat dibantu dengan peran masyarakat

30 Mei 2022 08:13 WIB

Nawawi Pomolango
Nawawi Pomolango Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengatakan masyarakat sebaiknya mendukung KPK dengan membuat spanduk buron Harun Masiku.

Hal tersebut, ia sampaikan menanggapi foto yang memperlihatkan spanduk dukungan Ketua KPK Firli Bahuri menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Hemat saya, kalau masyarakat berkeinginan mendukung kerja-kerja KPK, mungkin pemasangan spanduk ataupun baliho itu akan lebih pas kalau memuat gambar para Daftar Pencarian Orang (DPO) KPK seperti Harun Masiku," kata Nawawi dalam keterangannya, Minggu (29/5/2022).


Minta Bantuan Warga Cari Harun Masiku dengan Biaya Sendiri, IPW: KPK Kibarkan Bendera Putih

Nawawi mengatakan bahwa pencarian buron dapat dibantu dengan peran masyarakat. Ia menyebut demikian merujuk Pasal 1 Ayat (4) Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa spanduk buronan Harun Masiku bukan berarti KPK kekurangan anggaran.

"Ini bukan berarti KPK kekurangan anggaran untuk membuat stiker ataupun spanduk bergambar para DPO KPK," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan spanduk berisi dukungan kepada Ketua KPK Firli Bahuri untuk menjadi calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

Dalam spanduk itu terdapat foto Firli Bahuri dan tulisan "Dukung Indonesia Bersih". Ada juga spanduk yang bertuliskan "Kami Butuh Presiden yang Getol Berantas Korupsi. Firli Bahuri untuk Indonesia".

Menanggapi hal itu, Ketua KPKF Firli Bahuri menegaskan bahwa spanduk itu bukan atas inisiatifnya. Ia mengaku tidak tahu asal usul spanduk tersebut.

"Sesungguhnya sekali lagi saya ingin menegaskan bahwa spanduk itu sama sekali saya tidak tahu dan tidak ada inisiatif apapun yang datang dari saya dan saya tidak memahami bagaimana ia bisa muncul," ujar Firli melalui akun Twitter @firlibahuri, Minggu (29/5/2022).

Viral Spanduk Dukungan Jadi Capres, Firli Bahuri Duga Ada yang Sengaja Sebar Provokasi

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati