logo


Rusia Uji Coba Rudal Hipersonik Ditengah Situasi Konflik

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa pihaknya sudah berhail melakukan uji coba peluncuran rudal hipersonik Zirkon dari sebuah kapal fregat

29 Mei 2022 14:30 WIB

Rudal hipersonik Zircon milik Rusia
Rudal hipersonik Zircon milik Rusia istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Kementerian Pertahanan Rusia pada Sabtu (28/5) mengatakan bahwa pihaknya sudah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal hypersonik Zirkon dari sebuah kapal fregat.

"Uji coba peluncuran dilakukan di Laut Barents Arktik, dan berhasil mencapai target laut pada jarak sekitar 1.000 kilometer (621 mil)," demikian pernyataan kementerian tersebut dikutip Anadolu Agency.

Akhir tahun lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rudal Zirkon mampu mencapai kecepatan sekitar Mach 9 atau sembilan kali kecepatan suara dan memiliki daya jelajah hingga 1.000 km. Ia menambahkan bahwa rudal itu akan segera digunakan dalam tugas tempur dalam waktu dekat.


Vladimir Putin Desak Jerman dan Perancis Tak Tingkatkan Pengiriman Senjata ke Ukraina

“Kami sekarang telah menguji, dan berhasil, dan dari awal tahun kami akan dipersenjatai dengan rudal hipersonik dengan kecepatan Mach 9,” kata Putin dikutip Sputniknews.

Ia beralasan bahwa pengembangan senjata tersebut dilakukan sebagai tanggapan atas tindakan NATO yang terus menekan dan mengancam Rusia.

“Hal-hal telah sampai pada titik bahwa sistem pertahanan anti-rudal dikerahkan di Polandia dan Rumania, dan peluncur yang ada di sana, Mk-41, juga dapat dilengkapi dengan sistem serangan Tomahawk. Tapi ini juga menciptakan ancaman bagi kami. Yah, ini adalah fakta yang jelas, hal yang jelas. Terlepas dari semua permintaan kami untuk tidak melakukan ini, apa yang terjadi? Apa yang kita lihat sekarang. Sebagai tanggapan, kami telah dipaksa, saya ingin menekankan ini, kami telah dipaksa untuk mulai mengembangkan senjata hipersonik. Ini adalah tanggapan kami," kata Putin.

Uji coba peluncuran rudal hypersonik Zirkon pertama kali dilakukan pada Oktober 2021, dimana rudal itu ditembakkan dari sebuah kapal selam bertenaga nuklir.

"Uji coba peluncuran rudal Zircon dari sebuah kapal selam nuklir berjalan dengan sukses," kata Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip Al Arabiya.

 

Prajurit Ukraina Diduga Lakukan Tindak Kejahatan Perang di Mariupol, Rusia: Tidak Akan Luput dari Hukuman

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia