logo


Kehilangan Buya Syafii, Gerindra: Sosok Sederhana Tapi Kaya Ilmu

Gerindra mengingat pesan Buya Syafii agar Islam menjadi agama yang ramah dan toleran.

28 Mei 2022 05:15 WIB

Buya Syafii
Buya Syafii Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turut menyampaikan belasungkawa atas wafatnya eks Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif.

Di mata Gerindra, Buya Syafii adalah sosok yang sederhana namun kaya ilmu. Buya Syafii juga dinilai sebagai tokoh Islam yang ramah dan toleran.

"Pak Prabowo menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Buya Syafii Maarif,” kata Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani lewat keterangannya, Jumat (27/5).


Buya Syafii Meninggal Dunia, Ma'ruf Amin: Keteladanan Beliau Wajib Kita Teruskan

“Bukan hanya Muhammadiyah, tapi bangsa Indonesia juga sangat kehilangan atas meninggalnya beliau, sosok yang sangat sederhana namun kaya akan keilmuan Islamiyah, keteladanan, dan ulama besar cendekiawan bangsa kita yang selalu mengingatkan agar Islam yang dikembangkan di Indonesia adalah Islam yang ramah dan toleran," lanjutnya.

Menurut Muzani, Buya Syafii merupakan orang yang sangat menjaga kondisi kesehatan. Disebutkannya, Buya Syafii tak pernah meninggalkan kegiatan olahraga selepas Subuh.

"Pernah suatu ketika ibadah umrah dan kunjungan ke beberapa negara Timur Tengah bersama dulu, usai salat Subuh, Buya Syafii selalu menyempatkan olahraga jalan pagi,” terangnya.

Diketahui, Buya Ahmad Syafii Maarif wafat di Yogyakarta pada Jumat (27/5) pukul 10.15 WIB. Jenazah disemayamkan dan disalatkan di Masjid Gede Kauman pada hari yang sama. Mendiang dimakamkan di Pemakaman Muhammadiyah di Dusun Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo.

Kenang Sosok Buya Syafii, Jokowi: Kader Terbaik Muhammadiyah yang Suarakan Toleransi

Halaman: 
Penulis : Iskandar