logo


Aneksasi De Facto, Vladimir Putin Disebut Bagikan Paspor Rusia kepada Penduduk Mariupol

Seorang penasihat Walikota Mariupol mengatakan bahwa pemerintah Rusia sudah membagikan paspor Rusia kepada para penduduk di kota yang terletak di Ukraina timur tersebut

27 Mei 2022 21:30 WIB

Paspor Rusia
Paspor Rusia Atlantic Council

KIEV, JITUNEWS.COM - Penasihat Walikota Mariupol, Petro Andryushchenko, pada Rabu (25/5) mengatakan bahwa pemerintah Rusia sudah membagikan paspor Rusia kepada warga yang tinggal di kota yang terletak di Ukraina Timur tersebut.

"Aneksasi de facto Mariupol, khususnya, telah dimulai," tulis Andryushchenko dalam postingan Facebook, dikutip Xinhua.

Menurut laporan media, Presiden Rusia Vladimir Putin juga sudah menandatangani perintah yang mengijinkan penduduk di wilayah Zaporizhzhia dan Kherson selatan, di Ukraina, untuk mengajukan status kewarganegaraan Rusia. Pemerintah Rusia juga akan mempermudah dan mempercepat prosedurnya.


AS dan Sekutu Ingatkan Ukraina Tak Serang Wilayah Rusia dengan Senjata NATO

Kota Mariupol di Ukraina timur diketahui telah dikuasai oleh pasukan Rusia awal bulan ini, setelah seluruh prajurit Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal menyerah dan dievakuasi dari fasilitas tersebut.

"Kelompok terakhir dari 531 militan menyerah hari ini," kata juru bicara militer Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov, dalam sebuah pernyataan pada Jumat pekan lalu.

Dia menambahkan bahwa total "2.439 Nazi Azov" dan prajurit Ukraina telah meletakkan senjata mereka sejak 16 Mei kemarin, dan bahwa seluruh kompleks "Azovstal" sekarang berada di bawah kendali angkatan bersenjata Rusia.

Menlu Rusia: Negara Barat Telah Menyatakan Perang Total Melawan Kami

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia