logo


Tiga Bandara di Afghanistan Bakal Dikelola oleh Uni Emirat Arab

Pemerintah Uni Emirat Arab mengatakan bahwa mereka berhasil memenangkan kontrak untuk mengoperasikan tiga bandara di Afghanistan

25 Mei 2022 22:00 WIB

Bandara Kabul, Afghanistan
Bandara Kabul, Afghanistan istimewa

ABU DHABI, JITUNEWS.COM - Uni Emirat Arab telah memenangkan kontrak untuk mengoperasikan tiga bandara di Afghanistan. Hal itu disampaikan oleh penasihat kepresidenan Anwar Gargash pada hari Rabu (25/5) dalam postingan Twitter.

Sebelumnya, pemerintah Turki dan Qatar diketahui bersaing untuk kontrak tersebut dan telah mengirim tim teknis untuk membantu operasi bandara dan keamanan setelah Taliban mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada Agustus tahun lalu, ketika pasukan NATO pimpinan Amerika Serikat keluar dari negara itu.

Sehari sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Afghanistan, Mullah Abdul Ghani Baradar, mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahannya setuju untuk memperbarui perjanjian operasional bandara dengan pemerintah Uni Emirat Arab.


Bahas soal Rencana Gabung dengan NATO, Pejabat Senior Swedia dan Finlandia Datang ke Turki

“Kemenangan yang layak untuk mengoperasikan layanan darat di tiga bandara Afghanistan, yang datang setelah persaingan besar dengan beberapa negara, didukung oleh kemampuan dan kompetensi Uni Emirat Arab dalam manajemen dan keselamatan penerbangan sipil,” kata Gargash, dikutip Al Arabiya.

Taliban, yang berperang selama beberapa dekade melawan pasukan NATO pimpinan AS, mengatakan bahwa mereka tidak ingin pasukan internasional untuk kembali hadir di negaranya.

Situasi Konflik Semakin Buruk, Ukraina Desak AS Segera Kirim Peluncur Roket

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia