logo


Bahas soal Rencana Gabung dengan NATO, Pejabat Senior Swedia dan Finlandia Datang ke Turki

Beberapa pejabat senior Swedia dan Finlandia berkunjung ke Turki untuk membahas soal rencana kedua negara bergabung dengan NATO

25 Mei 2022 20:27 WIB

NATO
NATO Reuters

ANKARA, JITUNEWS.COM - Sejumlah Pejabat senior dari Swedia dan Finlandia telah bertemu dengan pejabat pemerintah Turki di Ankara dalam upaya untuk mengatasi kebuntuan akibat keberatan Turki terhadap rencana kedua negara tersebut bergabung dengan NATO.

Swedia dan Finlandia diketahui sudah mengajukan aplikasi tertulis mereka untuk bergabung dengan NATO minggu lalu.

Langkah tersebut tidak didukung oleh Turki, yang merupakan negara anggota NATO. Presiden Recep Tayyip Erdogan menganggap Swedia dan Finlandia selama ini mendukung Partai Pekerja Kurdistan, atau PKK, dan entitas lain yang sudah dimasukkan ke dalam daftar organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa.


Rusia Bantah Selundupkan Komoditas Biji-bijian dari Ukraina

Selama puluhan tahun, PKK telah melancarkan perang melawan Turki, konflik yang telah menewaskan puluhan ribu orang.

Pemerintah Turki juga menuduh Finlandia dan Swedia memberlakukan pembatasan ekspor senjata ke Turki dan menolak mengekstradisi tersangka “teroris”.

Sikap keberatan Turki telah meredam harapan Stockholm dan Helsinki untuk segera bergabung dengan NATO di tengah invasi Rusia ke Ukraina dan mempertaruhkan kredibilitas aliansi trans-Atlantik.

Hungaria Umumkan Status Darurat Nasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia