logo


China Kembali Gelar Latihan Tempur di Dekat Taiwan

Militer China menyebut kegiatan itu digelar untuk memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak mengintervensi masalah Taiwan

25 Mei 2022 19:27 WIB

Kapal perang China beroperasi di Laut China Selatan
Kapal perang China beroperasi di Laut China Selatan Xinhua

BEIJING, JITUNEWS.COM - Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China pada Rabu (25/5) menyatakan bahwa pihaknya telah mengorganisir latihan militer di dekat wilayah Taiwan, dimana kegiatan ini digelar untuk "memperingatkan Amerika Serikat".

"Baru-baru ini, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mengorganisir patroli kesiapan tempur bersama dan latihan militer di laut dan ruang udara di sekitar pulau Taiwan," kata militer China dalam sebuah pernyataan, dikutip Sputniknews.

Ia menambahkan bahwa ini adalah "peringatan serius karena terhadap aktivitas baru-baru ini antara AS dan Taiwan", merujuk pada peningkatan kerjasama Washington-Taipei dalam berbagai sektor, khususnya sektor pertahanan.


Uni Eropa Nggak Bisa Sepakati Kebijakan Embargo Minyak Rusia

Dalam kunjungannya ke Jepang pada hari Senin, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa Washington siap untuk terlibat secara militer untuk membela Taiwan jika China melancarkan invasi dan upaya untuk mengubah status quo secara sepihak.

China selama ini telah berulang kali mendesak Amerika Serikat untuk berhati-hati dalam apa yang dikatakan dan dilakukannya mengenai masalah Taiwan.

Pada senin awal pekan ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin juga sudah memperingatkan kepada pemerintah Amerika Serikat bahwa Beijing akan mengambil tindakan keras untuk melindungi kedaulatan dan kepentingan keamanannya.

Korut Kembali Uji Coba Rudal Balistik, Begini Reaksi AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia