logo


Korut Kembali Uji Coba Rudal Balistik, Begini Reaksi AS

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS mengutuk uji coba peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara pada pekan ini

25 Mei 2022 17:30 WIB

Ilustrasi Rudal Balistik
Ilustrasi Rudal Balistik BBC

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Amerika Serikat mengutuk uji coba peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara beberapa hari setelah pemerintah Korea Selatan dan Amerika Serikat sepakat untuk meningkatkan latihan militer bersama. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat meminta Pyongyang untuk memilih jalur dialog untuk meredakan ketegangan.

"Amerika Serikat mengutuk peluncuran beberapa rudal balistik DPRK (Korea Utara)," kata juru bicara Departemen Luar Negeri pada Selasa (24/5) malam dikutip AFP.

“Kami meminta DPRK untuk menahan diri dari provokasi lebih lanjut dan terlibat dalam dialog yang berkelanjutan dan substantif,” katanya.


Rusia Khawatir dengan Pengembangan Senjata Pemusnah Massal yang Dilakukan oleh Ukraina dan AS

Militer Korea Selatan pada Rabu (25/5) mengatakan bahwa Korea Utara sudah menembakkan tiga unit rudal balistik di lepas pantai timurnya sbegai bagian dari uji coba.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan bahwa tiga rudal balistik terebut diluncurkan dari wilayah Sunan, yang terletak tak jauh dari Pyongyang, ibukota Korea Utara.

Pada akhir pekan lalu, Presiden AS Joe Biden dan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol sepakat untuk mengadakan latihan militer skala besar. Mereka juga akan mengerahkan lebih banyak aset strategis AS untuk mencegah uji coba senjata yang intensif di Korea Utara.

Meski demikian, meski ketegangan diantara ketiga negara terus meningkat, namun Seoul dan Washington masih bersedia menawarkan bantuan vaksin Covid-19 untuk Pyongyang.

Uni Eropa Nggak Bisa Sepakati Kebijakan Embargo Minyak Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia