logo


Jerman Tak Kunjung Kirim Tank ke Polandia, Warsawa: Anda Tak Menepati Janji

Presiden Polandia menyebut pemerintah Jerman tidak menepati janji untuk mengirimkan tank Leopard kepada negaranya

25 Mei 2022 15:30 WIB

wikipedia.com

WARSAWA, JITUNEWS.COM - Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan bahwa pemerintah Jerman tidak menepati janji untuk mengirimkan kendaraan tempur kepada negaranya. Polandia, lanjutnya, saat ini kehabisan tank tempur karena sudah mereka sumbangkan ke Ukraina.

Kepada surat kabar Jerman, Die Welt pada hari Selasa di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos.

"Polandia telah melemahkan potensi militernya sendiri dengan menggunakan kapasitasnya untuk memasok Kiev dengan sejumlah besar tank," kata Duda kepada surat kabar Jerman, Die Welt pada Selasa (24/5) di sela-sela Forum Ekonomi Dunia yang digelar di Swiss.


Perlu Waktu Belasan Tahun bagi Ukraina untuk Gabung dengan Uni Eropa

Ia menjelaskan bahwa sebagian besar tank Polandia adalah tank Leopard buatan Jerman. Menurutnya, pemerintah Jerman sebelumnya berjanji untuk mengganti perangkat keras militer milik Polandia yang dikirim ke Ukraina.

“Jerman berjanji untuk mengirimkan tank-tank ini kepada kami. Anda tidak menepati janji itu. Dan, sejujurnya, kami sangat kecewa dengan hal ini,” kata Duda kepada surat kabar tersebut.

Sang presiden juga menegur Berlin karena dianggap tidak serius dalam mendukung Ukraina.

"Pertama-tama, Jerman sendiri yang harus membantu Ukraina. Ukraina sangat membutuhkan bantuan ini," katanya, seraya menambahkan bahwa Polandia masuk dengan pengiriman alat berat karena negara lain enggan membuat komitmen seperti itu.

Hanya saja, Duda tidak menjelaskan berapa banyak tank yang sudah dikirim oleh Polandia ke Ukraina dan kapan pengiriman itu dilakukan.

Sementara itu, pemerintah Jerman sejauh ini belum mengomentari tuduhan yang dilontarkan oleh Duda tersebut.

Swedia Harus Penuhi 5 Permintaan Turki sebelum Diijinkan Gabung NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia