logo


Bakal Promosi di Paris, Gibran Dukung Produk Kreatif Solo Mendunia

Produk UMKM Solo diharapkan bisa menjangkau pasar internasional.

24 Mei 2022 15:45 WIB

Gibran hadiri jumpa pers Promosi Produk Kreatif Indonesia di Paris
Gibran hadiri jumpa pers Promosi Produk Kreatif Indonesia di Paris Dok. Prokompim Pemkot Solo

SOLO, JITUNEWS.COM - Dalam rangka mendorong produk lokal Kota Solo mendunia, Pemerintah Kota Surakarta memberangkatkan tim promosi produk UMKM ke Kota Paris, Prancis pada 4–9 Juni mendatang.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat memberikan penjelasan pada jumpa pers Promosi Produk Kreatif Indonesia di Paris pada Senin (23/5) di Joglo Loji Gandrung.

Gibran ingin jangkauan produk UMKM Solo melebar hingga mancanegara sehingga bisa lebih mudah diterima pasar.


Gibran Lepas 800 Pelari Fun Run 5.6 K Solo Berlari

Pameran produk kota Solo, menurut dia, juga disertai dengan pertunjukan budaya tradisional yang bisa memperkuat produk. Sebab sebagian produk, misalnya batik dan kerajinan membutuhkan proses panjang.

“Keberangkatan tim UMKM dan budaya merupakan aktualisasi dengan apa yang sudah kita kerjakan di kampus ekspor Shopee yang kita bina dan inkubasi selama ini,” jelasnya.

“Dan saatnya kita pamerkan barang unggulan UMKM kita. Kita sudah seleksi barang unggulan UMKM mana yang kita bawa ke sana (Paris -red),” sambung pria yang kini akrab disapa Mas Wali itu.

Hal senada dikatakan oleh Executive Dirertor Shopee Indonesia, Handika Jahja. Ia menerangkan, keikutsertaan produk UMKM Kota Solo ke Paris merupakan kolaborasi antara Shopee-Pemkot Surakarta dengan kerjasama KBRI di Prancis.

“Event budaya kreatif menjadi solusi agar barang dan karya seni bisa dibranding secara internasional. Paris sebagai benchmark sebuah produk diakui dunia atau internasional, maka Paris dipilih. Orang Eropa pilih barang karena punya karakter kuat, itu umumnya dimulai pengakuan di Paris,” kata Handika.

Dia menambahkan, pementasan budaya tradisional menjadi pendorong utama supaya produk diakui punya akar yang kuat.

Produk yang akan ditampilkan nantinya berupa fashion, handicraft dan produk kreatif lokal. Selain itu ada atraksi budaya tradisi serta didukung penampilan dari Anggun C Sasmi.

“Sangat representatif barang yang akan dipamerkan karena telah melalui proses yang panjang,” tutur Handika.

Punguti Sampah di CFD Solo, Gibran Akui Kesadaran Warga Kurang

Halaman: 
Penulis : Iskandar