logo


Soal Pengibaran Bendera LGBT, Pimpinan MPR: Jangan Impor Persoalan LGBT yang Kontroversial ke Indonesia

HNW mengatakan bahwa pengibaran LGBT di Kantor Kedubes Inggris di Jakarta patut dikecam

23 Mei 2022 21:15 WIB

Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid Detik.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, mengatakan bahwa pengibaran LGBT di Kantor Kedubes Inggris di Jakarta patut dikecam. Menurut Hidayat, Kedubes harusnya menghormati norma diplomatik.

"Tindakan tersebut patut dikecam. Meski dilakukan di wilayah Kedubes, mestinya mereka menghormati norma diplomatik untuk menjaga hubungan baik dengan Indonesia. Tidak melakukan tindakan provokatif yang bisa memantik masalah. Karena tindakan yang tidak mengindahkan aspek lokalitas HAM, itu bisa disebut sebagai imperialisme hak asasi manusia (human rights imperialism) dalam bentuk pengibaran bendera LGBT," kata Hidayat dalam keterangannya, Senin (23/5).

Hidayat menilai keterangan resmi dari Kedubes memaksakan paham HAM asing yang dianutnya.


Minta Promosi LGBT Disetop, PKS: Jangan Lecehkan Negara Ini

"Bahkan, keterangan resmi Kedubes yang dipublikasikan justru bisa dinilai sebagai jenis imperialisme HAM dengan memaksakan paham HAM asing yang dianutnya, dan mengabaikan aspek lokalitas HAM yang dianut di Indonesia yang secara prinsip tidak sama dengan pandangan Kedubes Inggris itu," katanya.

Hidayat menilai pengibaran bendera LGBT itu menciptakan polemik dan keresahan di masyarakat. Hidayat mengatakan bahwa pemerintah Indonesia telah bersikap tegas atas tindakan Dubes Inggris tersebut.

Desak RI Usir Dubes Inggris, PA 212: Tindakannya Provokatif Bagi Nilai Ilahiah

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata