logo


Wamenkes: Tidak Bisa Bilang Kita Saat Ini Fase Endemi tapi Pandemi yang Terkendali

Wamenkes mengatakan bahwa ada beberapa tahap yang harus dilewati untuk masuk fase endemi Covid-19

23 Mei 2022 19:14 WIB

Dante Saksono
Dante Saksono Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan bahwa ada beberapa tahap yang harus dilewati untuk masuk fase endemi Covid-19.

"Apakah kita bisa masuk fase endemi? Ada beberapa tahap yang harus dilewati, mulai pandemi, deseralasi, terkendali, eliminasi, dan eradikasi," kata Dante dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/5).

Dante mengatakan bahwa saat ini Indonesia belum masuk fase endemi, tetapi pandemi Covid-19 terkendali. Dante mengatakan bahwa angka kasus Covid-19 menurun.


Jika Covid-19 Sudah Jadi Endemi, Penanganannya Jadi Seperti Penyakit Biasa

"Kita tidak bisa bilang kita saat ini dalam fase endemi tetapi pandemi yang terkendali. Kenapa pandemi terkendali, karena ini tidak menyebabkan disrupsi pada aktivitas sosial masyarakat, angkanya semakin menurun, dan dapat diprediksi secara stabil konfirmasi kasusnya setiap hari," jelasnya.

Dante mengatakan bahwa di sejumlah negara mengalami pandemi Covid-19 yang didominasi varian omicron. Dante menyebut ada varian baru yaitu BA.4 dan BA.5.

"Ada varian baru BA.4 dan BA.5, ini belum terlalu dominan dan belum ditemukan di Indonesia. Kami masih pantau whole genome sequencing (WGS) kalau ada varian baru," ujarnya.

YKMI Sebut Keputusan Menkes soal Vaksin Halal Kelabui Umat Islam

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata