logo


Zelensky Desak Italia Jatuhkan Lebih Banyak Sanksi terhadap Rusia

Presiden Ukraina meminta kepada pemerintah Italia untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi anti-Rusia untuk menekan Moskow agar segera menghentikan operasi militer khususnya di Ukraina

22 Mei 2022 12:00 WIB

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky istimewa

KIEV, JITUNEWS.COM - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa dirinya sudah berbicara dengan Perdana Menteri Italia Mario Draghi pada hari Sabtu dan mendesak pemerintah Italia untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap Rusia. Ia juga mengatakan soal pentingnya membuka pemblokiran pelabuhan Ukraina yang dllakukan oleh pasukan militer Rusia.

Menurut laporan Reuters, mengutip postingan Twitter Zelensky, Presiden Ukraina itu juga berterima kasih kepada pemerintahan Draghi atas "dukungan tanpa syarat" yang diberikan oleh pemerintah Italia atas rencana Ukraina untuk bergabung dengan Uni Eropa.

Sebelumnya, Zelensky meminta pemerintah Rusia untuk memberikan ganti rugi atas kerusakan yang mereka timbulkan di sejumlah wilayah Ukraina selama operasi militer khususnya.


Ketegangan NATO-Rusia Meningkat, AS Bakal Pertahankan Ratusan Ribu Personil Tentara di Eropa

"Rusia bertanggung jawab secara finansial atas kerusakan yang ditimbulkan oleh pasukannya di Ukraina," kata Zelensky dikutip Al Jazeera.

Ia menambahkan bahwa wilayah Donbass yang terletak di Ukraina Timur sejauh ini merupakan wilayah yang paling hancur karena serangan Rusia difokuskan ke daerah tersebut.

Pada kesempatan lain, Zelensky mengatakan bahwa situasi perang di Ukraina hanya bisa diakhiri melalui jalur diplomasi.

"Akan ada pertempuran berdarah tetapi itu hanya akan berakhir secara definitif melalui diplomasi,” tegasnya.

“Diskusi antara Ukraina dan Rusia pasti akan berlangsung. Dalam format apa saya tidak tahu - dengan perantara, tanpa mereka, dalam kelompok yang lebih luas, atau di tingkat presiden," katanya.

Gawat, Peneliti Temukan Virus Baru yang Bisa Lenyapkan Populasi Lebah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia