logo


Ketegangan NATO-Rusia Meningkat, AS Bakal Pertahankan Ratusan Ribu Personil Tentara di Eropa

CNN melaporkan bahwa Amerika Serikat akan mempertahankan setidaknya 100.000 personil militer di Eropa

22 Mei 2022 11:15 WIB

Pasukan AS
Pasukan AS CGTN

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Sejumlah pejabat pemerintahan Amerika Serikat yang tidak disebut namanya mengatakan bahwa Pentagon akan mempertahankan setidaknya 100.000 persnoil militernya di wilayah Eropa seiring dengan meningkatnya ketegangan antara Rusia dan NATO usai Finlandia dan Swedia berencana bergabung dengan blok militer itu.

Menurut laporan CNN, jumlah pasukan yang ditempatkan di wilayah itu mungkin meningkat untuk waktu yang singkat jika NATO memutuskan untuk meningkatkan aktivitas militernya seperti menggelar lebih banyak latihan militer di Eropa jika situasi keamanan di kawasan tersebut berubah.

Langkah-langkah itu dibawa ke dalam diskusi setelah para pemimpin militer NATO bertemu di Brussels pada hari Kamis.


Zelensky Minta Konflik Ukraina-Rusia Diselesaikan Lewat Diplomasi

Para pemimpin NATO dan AS dilaporkan telah mengisyaratkan perubahan yang lebih permanen dalam postur pasukan Eropa sebagai reaksi terhadap operasi militer khusus Rusia di Ukraina. Tingkat 100.000 tentara diperkirakan akan disepakati di KTT untuk beberapa waktu.

Bulan lalu, Kepala Pentagon Lloyd Austin telah melayangkan peringatan kepada para legislator AS bahwa konflik Ukraina akan mengubah jejak militer AS di Eropa.

Sebagai tanggapan atas peristiwa terkini di Ukraina, Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Milley pada April lalu juga mengatakan kepada anggota Kongres bahwa ia mendukung pendirian pangkalan militer permanen AS di Eropa Timur, dan tentara AS di pangkalan-pangkalan itu dapat dirotasi.

Lindungi Moldova dari Ancaman Rusia, Inggris Bakal Kirim Senjata Modern Standar NATO

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia