logo


Lindungi Moldova dari Ancaman Rusia, Inggris Bakal Kirim Senjata Modern Standar NATO

Menteri Luar Negeri Inggris menyebut Presiden Vladimir Putin bertekad membangun Rusia yang lebih besar dengan melakukan invasi terhadap negara-negara tetangganya

22 Mei 2022 07:00 WIB

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss The New European

LONDON, JITUNEWS.COM - Pemerintah Inggris ingin mengirim persenjataan modern ke Moldova untuk melindungi negara tersebut dari ancaman serangan militer Rusia. Hal itu dilaporkan oleh The Telegraph, mengutip pernyataan Menteri Luar Negeri Liz Truss.

Menurut laporan media Inggris tersebut, Truss mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin bertekad untuk menciptakan "Rusia yang lebih besar" meskipun Rusia gagal menaklukkan Ukraina dengan cepat.

“Putin sangat jelas tentang ambisinya untuk menciptakan Rusia yang lebih besar. Dan hanya karena usahanya untuk merebut Kyiv tidak berhasil tidak berarti dia mengabaikan ambisi itu,” katanya.


Rusia Setop Ekspor Gas ke Finlandia

Rusia telah memulai serangannya pada 24 Februari dan menyebut tindakan itu sebagai “operasi militer khusus” yang bertujuan untuk melucuti senjata Ukraina dan membersihkannya dari kaum nasionalis radikal anti-Rusia. Sedangkan Ukraina dan negara-negara barat menyebut operasi militer tersebut sebagai dalih tak berdasar untuk invasi.

Moldova, yang berbatasan dengan Ukraina di barat daya, bukan anggota aliansi NATO.

Truss mengatakan pembicaraan sedang berlangsung untuk memastikan bahwa pertahanan Moldova dapat mencegah serangan Rusia di masa depan.

“Saya ingin melihat Moldova dilengkapi dengan standar NATO. Ini adalah diskusi yang kami lakukan dengan sekutu kami,” katanya kepada The Telegraph.

Jika rencana Truss tersebut diadopsi, anggota NATO akan menyediakan persenjataan modern dan akan melatih tentara Moldova tentang cara penggunaannya.

Zelensky Minta Konflik Ukraina-Rusia Diselesaikan Lewat Diplomasi

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia